Kejutan dari Toyota di GIIAS 2017

Perhelatan GIIAS 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, menjadi “ajang pertempuran baru” bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk kian merebut hati konsumen. Hadir dengan kekuatan penuh, mereka muncul membawa banyak kejutan.

Yang pertama adalah peluncuran All New Voxy. MPV premium yang dijuluki sebagai “Baby Vellfire” ini – karena bentuk parasnya memang copy-paste Vellfire dengan lampu depan yang bertumpuk dan grille besar melebar di bagian bawah – Voxy dibekali berbagai fitur canggih.

Kejutan berikutnya muncul pada New Fortuner TRD, yang dirancang dan dikembangkan secara lokal di Indonesia, oleh masyarakat Indonesia, untuk masyarakat Indonesia.

Namun, yang tampaknya akan menjadi andalan adalah diikutsertakannya C-HR Hybrid sebagai mobil masa depan. Dikatakan President Director TAM, Yoshihiro Nakata, “Menjadi komitmen Toyota dalam mendukung pemerintah untuk menciptakan teknologi ramah lingkungan. Maka, kami secara proaktif mengembangkan teknologi alternatif yang canggih untuk masa depan. Sistem Toyota Hybrid tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga Fun-to-Drive.”

Diprakarsai semangat Let’s Go Beyond – yang kemudian divisualisasikan dalam desain booth seluas 3.075 m2 bernuansa modern, advance, dan youthfull bertema “Endless Possibilities for a Better Future” – secara keseluruhan Toyota menghadirkan 28 produk dari berbagai segmen di GIIAS 2017. Beberapa produk  mendapat penyegaran (improvement), beberapa lainnya adalah produk baru, limited edition, special edition, special modification, termasuk dua produk special exhibit: Toyota C-HR dan Prius Gen 4.0.

Sejak diluncurkan sebagai tagline, Let’s Go Beyond memang selalu menjadi semangat Toyota dalam menghadirkan produk, teknologi, dan layanan kepada pelanggan melalui pilar Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service. Selain All New Voxy dan New Fortuner TRD, sejumlah line-up baru yang mewakili Beyond Product juga dihadirkan di GIIAS 2017; seperti Sienta Limited, Avanza Limited, dan New Hi-Ace Luxury.

Jajaran Beyond Product tersebut ditempatkan dalam empat zona sesuai karakter masing-masing. Modern Family Zone diisi New Hi-Ace Luxury, Innova, Avanza, Veloz, dan Sienta. Berikutnya Adventure Zone, yang diwakili Fortuner, Hilux, Rush, Yaris Heykers, dan Venturer.

Sedangkan produk berkarakter sporty (Vios, Yaris, TRD, Agya, Calya, Corilla, Altis, Toyota 86) ditempatkan pada  Active Zone, dan untuk produk premium (All New Voxy, Camry Hybrid, Alphard  Hybrid) di Modern Executive Zone.

Yang menarik, di GIIAS kali ini TAM juga menghadirkan milestone legenda MPV Keluarga Indonesia tersebut melalui Kijang 40th Anniversary Corner. Hadir pertamakali Juni 1977, Toyota Kijang mampu terus bertahan dan berkembang hingga generasi ke-6, yang dikenal sebagai All New Kijang Innova, dengan total penjualan mencapai 1.772.308 unit per Juni 2017.

Sementara itu, dari data wholesale terlihat angka penjualan Toyota dalam tujuh bulan pertama 2017 (Januari-Juli) tercatat 226.906 unit, atau tumbuh 14% dibanding periode yang sama tahun 2016. Pencapaian tersebut tentu cukup mengesankan, mengingat sepanjang Semester I tahun ini penjualan pasar otomotif secara nasional hanya tumbuh 0,3%, dari 53.127 unit pada Semester I tahu 2016 menjadi 533.903 di Semester I 2017. 

Pencapaian tersebut, menurut Yoshihiro Nakata, “Tentu saja tidak telepas dari dukungan customer, dealer, dan value chain dalam Let’s Go Beyond.”

Rate this article:
(Average Rating 5.0 Based on 2 rating)

NEWS Updates


Related Articles


Most Popular