Spesifikasi Yamaha Xmax 350cc Racikan Yonk Jaya Motor

Spesifikasi Yamaha Xmax 350cc Racikan Yonk Jaya Motor

Penggemar skutik bongsor di Indonesia semakin berkembang pesat. Termasuk Yamaha Xmax dari keluarga besar Maxi Yamaha yang sukses diterima dengan baik oleh pasar otomotif roda dua Indonesia.

Bagi sebagian orang masih ada aja yang merasa kurang puas dengan performa standarnya. Seperti yang dilakukan Yonk Jaya Motor (YJM) yang melakukan modifikasi mesin pada Maxi Scooter tersebut. Xmax yang aslinya dibekali mesin berkapasitas 250cc, ada yang berani meng-upgrade menjadi 350cc. Tentu dengan langkah bore-up untuk membuat bengkak kapasitas silinder mesin.

“Saya ganti dengan blok piston berdiameter 75mm. Selain itu juga ada beberapa penyesuaian pada bagian CVT dan kruk as. Setang seher juga saya pakai punya Xmax 300 yang aslinya untuk Xmax yang beredar di benua Eropa,” jelas Tjiou Sui Lin alias Ko Yonk, owner Yonk Jaya Motor (YJM).

Spesifikasi Yamaha Xmax 350cc Racikan Yonk Jaya Motor

Dengan ubahan tersebut Xmax 350cc hasil racikan YJM ini membuahkan hasil angka 36,3 hp untuk powernya. Sedangkan torsi mencapai angka puncak 43 Nm. Bandingkan saja dengan tenaga standarnya yang hanya 20,1 hp. Otomatis tenaga Xmax 350cc ini sangat melimpah.

“Hasil angka 36,3 hp ini didapatkan dari Dynotest yang dilakukan di TDR Technology Center di Jakarta. Motor ini juga sempat dipakai untuk fun race dan untuk touring tetap aman,” kata Ko Yonk.

Spesifikasi Yamaha Xmax 350cc Racikan Yonk Jaya Motor

Tentu bukan hanya area ruang bakar yang diubah. Untuk penyesuaian lainnya, Ko Yonk juga mengganti injektor dengan menggunakan 14 hole agar semburan bahan bakar lebih deras. Ini yang membuat pasokan bahan bakar lebih kaya. Selain itu, filter udara juga dibuat lebih besar agar kinerja throttle lebih maksimal.

Electronic Control Unit (ECU) sebagai otak injeksi juga diganti dengan menggunakan merek API-Tech. Dengan begitu mapping pasokan bahan bakar dan udara juga lebih konstan. “Semuanya bisa disetting dengan praktis. Bisa dengan menggunakan aplikasi API-Tech dengan Android. Jadi saat tunning nggak perlu ribet,” tuntas Ko Yonk.

Spesifikasi Yamaha Xmax 350cc Racikan Yonk Jaya Motor

Yonk Jaya Motor
Jl. Ahmad Yani No.358, Bandung, Jawa Barat
Telepon 022-7271337, 08122003963

KOMENTAR (1)

  1. Arul
    7 April 2019

    Habis berapa itu untuk upgrade seperti itu?