Buyers Guide

HONDA CITY

Year
2016
Harga
Rp 312.000.000
HONDA CITY

Perjalanan City sudah dimulai sejak 1981, dan Honda menggunakan nama itu untuk mobil compact mereka yang hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari hartchback, sedan, van, hingga cabriolet.

 

 

History

City sebagai mobil compact  pada awalnya dipasarkan di Jepang, Australia dan Eropa dalam dua generasi hingga 1994, sebelum dipensiunkan.

 

Namun, hak atas penggunaan nama City masih menjadi milik pabrikan Jepang, dan mereka menghidupkannya kembali tahun 1996 dalam bentuk sedan empat pintu; tentu saja dengan dimensi yang lebih besar. Pasar yang dituju City generasi ketiga ini adalah negara-negara di Asia, Amerika Latin, dan juga Australia.

Saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia, City dengan kode SX8 mendapat sambutan cukup hangat, dan langsung “mengganggu” pasar Toyota Soluna yang saat itu merajai sedan entry level. Dengan memanfaatkan platform Honda Civic EF (di Indonesia dikenal sebagai Grand Civic dan Civic Nouva), City segera menyita perhatian konsumen.

Namun, dengan kapasitas mesin 1,5 liter untuk pasar Indonesia (di beberapa negara lain dihadirkan juga mesin 1.3 liter), City sempat dikeluhkan lebih boros dibanding para kompetitornya. Maka, Honda langsung bertindak.

 

Tahun 2000, mereka memperkenalkan versi facelift dari SX8, plus mesin baru yang dilengkapi VTEC. Inilah City Type Z, yang hingga saat ini masih digemari karena performanya yang menawan dan irit BBM. Keputusan Honda memasangkan stabilizer bar pada suspensi belakang, juga diakui banyak konsumen membuat pengendalian City terasa meyakinkan.

 

Memasuki generasi keempat, Honda City berkode GD8 yang diluncurkan pada 2002 memanfaatkan platform yang sama dengan Jazz. Mulai dari rangka, mesin, hingga sistem penggerak. Sebuah “tradisi” yang terus berlanjut sampai hari ini, dan sepertinya menjadi kunci sukses City.

 

Honda juga menggunakan teknologi baru pada mesin 1,5 liter (L15A), yang dinamai i-DSI. Teknologi pengapian dengan empat busi per silinder tersebut membuat konsumsi bahan bakar sangat irit. Sayangnya, City jadi tidak terlalu bertenaga, apalagi setelah Honda memperkenalkan varian bermesin VTEC. Kendati Mitsubishi Lancer adalah pelopor transmisi model CVT, namun City-lah (bersama Jazz) yang mempopulerkannya.

 

Tahun 2005, Honda Prospect Motor – sebagai APM resmi di Indonesia – memperkenalkan versi facelift dari City. Meskipun perubahannya hanya berkisar di bagian eksterior, City kini terlihat lebih mewah dan berkelas. Mesin L15 pun masih digunakan, dengan sedikit modifikasi untuk mengoptimalkan udara yang masuk ke ruang bakar.

 

Generasi kelima City diluncurkan pada 2008, dengan bentuk dan platform yang lebih modern. Mesin masih menggunakan L15, dengan imbuhan teknologi i-VTEC yang mampu menghasilkan sekitar 115 PS.

 

Versi facelift berikutnya mengaspal tahun 2011. Terlihat lebih dinamis dengan perubahan pada grille, lampu, velg, bumper depan dan belakang.

 

Oleh Honda, City generasi kelima mulai dirakit dan dipasarkan ke Brazil, dengan sebagian dieskpor ke Mexico dan negara Amerika Latin lainnya. City yang kian mendunia juga menjadi mobil Jepang pertama yang diproduksi di Argentina saat itu.

 

Memasuki 2014, Honda kembali memperkenalkan City generasi keenam dengan desain yang secara keseluruhan mengalami evolusi. Perubahan pada grille, menjadikannya terlihat lebih tegas; sementara interiornya yang dilengkapi fitur terbaru membuat City terkesan premium. Mesinnya masih memakai L15, namun dengan sejumlah pembaruan.  

 

Dua tahun sesudahnya, Honda juga menawarkan City versi facelift dengan desain yang mirip namun memiliki fitur lebih lengkap, terutama di bagian eksterior. Teknologi LED disematkan pada lampu depan, plus day time running light. Velg alloy dan bumper bagian belakang pun tampil dengan desain baru.

Kendati rajin berenovasi, namun pasar City di Indonesia tidak mengalami kemajuan signifikan, bahkan cenderung terus menurun tergerus berbagai segmen lainnya; seperti MPV yang kian menguat, maupun SUV/Crossover yang sedang menanjak. Target HPM yang bersikeras menjual 1.100 unit per bulan, dengan sasaran keluarga muda yang beranjak mapan, terasa kian jauh dari harapan. Faktanya, sejak generasi pertama diluncurkan tahun 1996 hingga sekarang, penjualan City masih berkisar 69.051 unit.

 

 

The Latest Generation

Tahun ini, Honda tengah bersiap meluncurkan City 2017. Apakah kehadirannya bakal membuat penyegaran pada segmen sedan, terutama jenis compact empat pintu? Pasarlah yang akan membuktikannya.

 

 

Why You’d Consider One

Atap yang tinggi dan buritannya yang menungging, membuat City memang berbeda dibanding sedan lainnya. Namun, itulah cara Honda menjadikan interior City sangat lega dan fleksibel, persis seperti saudaranya, Jazz, yang berbentuk hatchback. Trik ini pernah diikuti pabrikan lain, namun tidak ada yang bisa menyaingi kesuksesan City.

Untuk detail informasi HONDA CITY click disini