Hyundai Sodorkan Venue Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling

Hyundai Sodorkan Venue Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling

Hyundai Venue akhirnya resmi memulai debutnya di pasar India. Mobil ini hadir dengan transmisi manual, namun tanpa pedal kopling. Jadi, hanya ada pedal gas dan pedal rem. Sistem transmisi ini mengingatkan kita dengan teknologi transmisi yang sama dimiliki oleh Wuling Confero.

Seperti dikutip dari laman resmi Hyundai India, Venue memiliki teknologi Intelligent Manual Transmission (iMT) yang telah dipasang ke versi yang dijual di negara tersebut. Sistem iMT terdiri dari tuas persneling dengan “intention sensor”hydraulic assistance, dan unit kontrol transmisi atau gearbox control (TCU).

Intention sensor merupakan teknologi dengan sistem yang mengaktifkan kopling. Meski tak ada pedal kopling, perpindahan gigi tetap harus dilakukan pengemudi.

Secara teknis, intention sensor akan mengirimkan sinyal ke TCU untuk memindah gigi. Kemudian sinyal lain diteruskan dari TCU menuju hydraulic assistance. Kopling akan dicocokkan dan dilepaskan melalui silinder bantu konsentris tanpa operasi tambahan pengemudi.

Hyundai Sodorkan Venue Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling

Kemudian kopling dicocokkan dan dilepaskan melalui silinder bantu konsentris tanpa oprasi tambahan pengemudi. Hyundai menggambarkan proses elektromekanisnya berjalan dengan mulus, namun, pengemudi pasti akan membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan teknologi ini.

Untuk dapur pacunya, Hyundai Venue di India dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000 cc turbo direct-injection yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 120 hp.

 

KOMENTAR (0)