Paduan Apik Fungsionalitas dan Styling Kustom Toyota AE86

Toyota AE86 merupakan generasi mobil coupe hatchback berbodi ringan, yang diperkenalkan Toyota pada 1983 silam sebagai bagian dari line-up generasi ke-5 Toyota Corolla.

Bagi kalangan modifikator kustom, terutama di Jepang, Toyota AE86 merupakan salah satu model mobil neo-klasik yang populer, yang memiliki beragam tantangan agar dapat menyeimbangkan styling dan fungsionalitas maupun kinerjanya.

Seperti Toyota AE86 yang satu ini, yang ditemui tim Speedhunters.com di acara Mooneyes Street Car Nationals di Odaiba, Tokyo, Jepang, beberapa pekan lalu. AE86 ini merupakan salah satu contoh sempurna sempurna yang memadukan styling dan fungsionalitas, yang disesuaikan dengan keinginan sang pemilik.

Mesin standar 4A-G empat silinder yang diusung mobil hatchback neo-klasik ini tampak resik pada engine bay yang sepertinya baru dicat dan rapi. Mesin tampaknya sedikit dimodif ringan dengan cam Tomei dan gear yang disesuaikan, dan lebih dramatis dengan koil pengapian Toyota 1ZZ-FE retro untuk masing-masing silinder.

Sementara, beralih ke eksterior, AE86 ini juga dibekali ban berbalut velg Barramundi Design, dimana baut bernuansa gelap tampak kontras dengan velg palang sembilan anodised yang mengkilap di sekelilingnya.

Disisi interior, nuansa two-tone standar dibiarkan apa adanya, namun terbilang sangat terawat; tidak ada stripping apapun lantaran AE86 ini memang dimaksudkan sebagai kendaraan untuk pemakaian biasa. Walaupun begitu, tetap tampak beberapa modifikasi yang ciamik, seperti roda kemudi berbalut kulit dari Renown, misalnya.

Sementara, dua jok depan Status menggantikan jok standar, dengan warna abu-abu yang kontras dengan warna trim oranye dan coklat pabrikan yang sangat ‘eighties‘ sekali. Untuk instrumen pada dashboard, instrumen asli disembunyikan dengan pelat logam, dimana diatasnya dipasangkan serangkaian instrumen ala racing series.

Untuk suspensinya, tetap berorientasi pada kinerja, dimana mobil memiliki ketinggian yang aman, atau bisa dibilang ‘just right‘. Suspensi juga didukung sistem pengereman dengan kaliper kompak 4-piston di bagian depan, menawarkan modulasi dan sistem pengereman yang setara dengan apa yang ada pada mobil-mobil JDM modern hari ini. Keren! **MS/ Story & Image Credit: Dino Dalle Carbonare for Speedhunters.com

KOMENTAR (0)