Selain Pelumas, Mobil Butuh Cairan Ini

Selain Pelumas, Mobil Butuh Cairan Ini

Agar dapat beroperasi secara optimal, selalu  berada dalam kondisi prima dan nyaman saat digunakan, mobil memerlukan beragam cairan (fluida). Jadi mobil bukan cuma butuh pelumas semata. Pentingnya cairan tersebut bagi mobil, tentu  sangat fatal  dampaknya kalau sampai berkurang atau bahkan habis. Nah, inilah cairan vital untuk mendukung operasional mobil

Selain Pelumas, Mobil Butuh Cairan Ini

Cairan Rem (Minyak Rem)

Minyak rem bertugas meneruskan tekanan pedal rem untuk mendorong brake pad dan brake shoe agar menjepit rotor (disc brake) atau bergesekan dengan tromol (brake drum) pada sistem rem. Secara umum, mobil modern saat ini memakai minyak rem dengan spesifikasi DOT3 atau lebih tinggi lagi seperti DOT5.1 yang memiliki boiling point antara 180o C (Wet Boiling Point) dan  270o C (Dry Boiling Point). Karena minyak rem bersifat higroskopis (menyerap uap air), maka minyak rem harus diganti secara berkala semisal 20.000 km. .

Selain Pelumas, Mobil Butuh Cairan Ini

Cairan Radiator (Radiator Coolant)

Cairan lain yang wajib untuk diperiksa setiap sasat adalah cairan  radiator (radiator coolant). Cek volumenya dengan melihat langsung pada  tangki cadangan (overflow tank). Pengecekan ini bersifat penting karena cairan radiator yang berkurang mengindikasikan masalah pada sistem pendinginan mesin. Jika dibiarkan maka  mesin mobil berpotensi mengalami panas berlebihan (overheating) yang bersifat fatal. Perhatikan jangan sampai salah memilih radiator coolant karena radiator coolant untuk blok mesin alloy berbeda dengan  radiator coolant untuk blok mesin besi.

Selain Pelumas, Mobil Butuh Cairan Ini Selain Pelumas, Mobil Butuh Cairan Ini

Cairan Washer/Wiper

Perangkat ini sering terlupakan untuk diperiksa dan diisi ulang cairannya. Saat pengecekan mobil, cairan washer/wiper sebaiknya  jangan hanya air biasa. Sebaiknya tambahkan  cairan khusus untuk  membersihkan  kotoran seperti minyak, debu dan kotoran lainnya di kaca. Bahkan sekarang semakin banyak  cairan washer/wiper  yang  sudah dilengkapi zat-zat untuk  mencegah timbulnya lumut pada kaca, selang pembersih kaca, tabung air untuk washer/wiper. Selalu sempotkan air pada kaca sebelum  menyalakan wiper agar sapuan  bilah wiper tidak merusak  kaca depan mobil kering permukaannya bisa rusak.

Selain Pelumas, Mobil Butuh Cairan Ini

Cairan Baterai

Agar  masa pakai baterai lebh panjang, lakukanlah pengecekan kondisi secara teratur semisal  setiap akhir pekan atau  dua kali dalam sebulan. Jika memakai baterai jenis lead acid, perawatan harus lebih sering dan teratur seperti isi cairan  baterai. Metode itu tidak berlaku untuk kendaraan yang memakai baterai MF (maintenance free).

Selain Pelumas, Mobil Butuh Cairan Ini

Cairan power steering

Pastikan volume minyak power steering selalu berada di antara batas minimum dan maksimum, sama dengan cairan-cairan yang sudah disebutkan sebelumnya. Kurangnya minyak power steering bisa berakibat rusaknya power steering. Jangan lupa membiasakan untuk meluruskan roda depan sebelum mematikan mesin kendaraan agar kinerja power steering tetap terjaga.

TAGS

KOMENTAR (0)