Usia Pakai Baterai, Memang Ada Waktunya

Usia Pakai Baterai, Memang Ada Waktunya

Mungkin saja Anda pernah mengalami kejadian seperti ini; belum lama membeli baterai baru, ternyata sudah mati lagi. Padahal pemakaian belum sampai setahun. Ada apa  ya, kok bisa demikian?   Berikut faktor-faktor paling umum yang menyebabkan baterai mobil Anda mati.

Usia Pakai Baterai, Memang Ada Waktunya

  1. Terlalu Banyak Mengemudi Jarak Pendek

Baterai mobil berpotensi terkuras dengan sendirinya saat Anda terlalu banyak mengemudi jarak pendek. Sering mengemudi mobil kurang dari 20 menit akan membuat alternator tidak memiliki cukup waktu untuk sepenuhnya mengisi ulang baterai. Mengemudi jarak pendek berpotensi mempersingkat umur baterai mobil Anda yang biasanya bertahan antara tiga sampai lima tahun.

Usia Pakai Baterai, Memang Ada Waktunya

  1. Suhu Ekstrem

Baterai mobil mengubah energi kimia menjadi energi listrik melalui reaksi kimia. Suhu lingkungan yang terlalu  panas atau dingin dapat mempengaruhi kelancaran reaksi kimia dalam baterai. Suhu dingin  berpotensi membuat baterai mobil mati sehingga perlu di-charge ulang. Begitu pula suhu yang terlalu panas  membuat baterai  mobil cepat kering.

Usia Pakai Baterai, Memang Ada Waktunya

  1. Gadget Listrik

Selain untuk menghidupkan mesin,  baterai juga diperlukan sebagai sumber energi berbagai peralatan listrik pada mobil seperti lampu, klakson, hingga pemutar musik, dan radio. Dengan perangkat khusus, Anda dapat menggunakan baterai mobil untuk men-charge telepon selular atau perangkat elektronik lainnya. Berbagai gadget tambahan ini membuat daya listrik baterai cepat terkuras.  Demikian pula jika  Anda lupa mematikan lampu kecil atau  mendengarkan musik dan  radio dalam waktu lama saat mesin mobil dimatikan.

Usia Pakai Baterai, Memang Ada Waktunya

  1. Korosi dan Usia

Korosi pada baterai dapat menyebabkan  kinerjanya menurun signifikan. Ada berbagai cara untuk membersihkan korosi yang umumnya terlihat seperti  bubuk atau tepung. Anda dapat menggunakan alat pembersih khusus terminal baterai atau menggunakan spray khusus yang dirancang untuk membersihkan terminal aki mobil. Namun, sebaik apapun perawatan yang dilakukan, baterai mobil tetap harus diganti setelah mencapai batas usia normalnya

KOMENTAR (0)