Lexus Luncurkan RZ 450e, SUV Listrik Pertamanya

 

Lexus Luncurkan RZ 450e, SUV Listrik Pertamanya

Lexus telah merilis detail tentang RZ 450e, SUV listrik mewah terbarunya.

RZ 450e akan lahir sebagai Battery Electric Vehicle (BEV) global pertama Lexus, dan menjadi langkah berikutnya dalam misi “Lexus Electrified” yang bertujuan untuk memperluas portofolio hybrid Lexus dan kendaraan baterai-listrik. All-new RZ akan menandakan transisi Lexus menjadi brand yang berfokus pada kendaraan BEV.

Lexus Luncurkan RZ 450e, SUV Listrik Pertamanya

SUV mewah ini akan menggunakan platform e-TNGA khusus BEV, menggabungkan bodi yang ringan dan kaku untuk mencapai bentuk dan distribusi bobot yang optimal. Hal ini akan dicapai berkat penempatan baterai dan motor listrik. Dengan kapasitas baterai 71.4kWh, diperkirakan mampu menempuh jarak 355 kilometer. Motornya mencakup depan 150kW dan belakang 80kW, yang membentuk sistem penggerak semua roda, DIRECT4 450e.

Sistem penggerak DIRECT4 bekerja bersama-sama dengan motor gandar listrik yang baru dikembangkan untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi berkendara. Dengan demikian, DIRECT4 akan mempertimbangkan informasi kecepatan, akselerasi, dan sudut kemudi kendaraan untuk mengontrol distribusi penggerak depan-ke-belakang, mulai dari 100:0 (depan:belakang) hingga 0:100.

Lexus Luncurkan RZ 450e, SUV Listrik Pertamanya

Misalnya, sistem akan menggunakan rasio antara 60:40 dan 40:60 untuk meminimalkan jarak kendaraan selama akselerasi; selama belokan, RZ mampu menikung dengan bias arah roda depan hingga split 75:25. Saat keluar dari tikungan, distribusi daya dikirim kembali ke belakang, antara bias 50:50 dan 20:80.

Berbicara tentang menikung, Lexus telah mengumumkan sistem Steer by Wire pertamanya, yang akan memungkinkan pertukaran elektronik informasi kemudi dan permukaan jalan melalui sinyal listrik. Singkatnya, ini dapat mempermudah untuk membelokkan 450e, hingga sampai pada titik yang lebih sempit (persimpangan, belokan U, parkir, dll). Dan ketika Lane Tracing Assist diaktifkan, akan lebih mudah untuk mengontrol SUV ini.

Lexus Luncurkan RZ 450e, SUV Listrik Pertamanya

All-new RZ dirancang melalui konsep “Seamless E-Motion” Lexus. Dalam praktiknya, ini setara dengan desain yang lebih aerodinamis seperti yang didefinisikan oleh Lexus. Mulai dari atas, bagian tengah atap dibentuk sedemikian rupa sehingga memungkinkan udara mengalir dengan lancar. Stabilitas berkendara ditingkatkan dengan spoiler atap yang khas. Di belakang, bentuk “ducktail” di bagasi semakin mengurangi hambatan aerodinamis. Di bagian depan, kisi-kisi minimal dan penggunaan penutup kisi-kisi menuntut efisiensi aero lebih banyak, seperti halnya penutup bagian bawah bodi mobil.

Lexus Luncurkan RZ 450e, SUV Listrik Pertamanya

Kabin dilengkapi dengan atap panoramik yang tersedia dengan fungsi peredupan pertama Lexus. Ruang ini sendiri selesai dengan bahan premium ultra-suede dan serat kayu yang berkelanjutan, misalnya. Bahan Ultrasuede terbuat dari 30 persen bahan berbasis bio.
Mobil ini mengusung pada konsep “Tazuna”, filosofi yang berpusat pada manusia, maka interior RZ 450e mengejar pendekatan yang berpusat pada pengemudi, termasuk Heads-Up Display dan tombol lingkar kemudi yang tersedia untuk pengaturan navigasi, audio, dan sistem penggerak.

Berbicara tentang tampilan, RZ 450e akan menampilkan layar sentuh 14 inci dengan dukungan sistem multimedia Lexus Interface yang dikembangkan di Amerika Utara, yang baru-baru ini dirilis di NX dan LX.

Lexus Luncurkan RZ 450e, SUV Listrik Pertamanya

Teknologi keselamatan juga hadir melalui Lexus Safety System+ 3.0 terbaru, yang terdiri dari Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert dan Emergency Driving Stop System. Tersedia Advanced Park dengan fungsi remote telah diperluas untuk mendukung parkir paralel, serta parkir mundur dan parkir menghadap ke depan.

KOMENTAR (0)