Akhirnya, Piaggio Menangkan Hak Cipta Vespa yang Dijiplak Cina

Akhirnya, Piaggio Menangkan Hak Cipta Vespa yang Dijiplak Cina

Nama Vespa begitu menancap kuat sebagai skuter yang sangat ikonik dan legendaris dari Italia. Betapa besarnya nama dan desain yang sangat khas dan kuat, tak heran jika brand otomotif lain juga terinspirasi untuk menciptakan produk dengan desain serupa.

Ada dua merek motor Cina yang terbukti meniru desain Vespa dan Piaggio pun berusaha melindungi hak cipta produknya. Kemarin (25/5), Piaggio pun dengan bangga mengumumkan kemenangannya terhadap keputusan European Union Intellectual Property Office (EUIPO) di pengadilan ter hadap dua merek skuter Cina, Motolux dan Dayi Motor yang meniru desain Vespa Primavera.

Vespa Primavera dilindungi oleh desain yang didaftarkan oleh Piaggio Group pada 2013, oleh merek dagang tiga dimensi dari skuter Vespa dan oleh hak cipta yang melindungi nilai artistik dari bentuk Vespa, yang telah menjadi ikon gaya sejak 1946.

Divisi ketidakabsahan EUIPO menganulir pendaftaran desain tersebut karena “tidak mampu memancing kesan umum yang berbeda sebagaimana didapatkan dari desain terdaftar” Vespa Primavera, dan pendaftaran tersebut merupakan sebuah usaha yang melanggar hukum dalam mereproduksi elemen estetika dari skuter Vespa yang terdaftar.

Perlu diketahui, bukan kali ini saja Vespa mengalami kejadian seperti ini. Sebelumnya, pada September 2019, Piaggio kalah dalam kasus melawan Zhejiang Zhongneng, produsen skuter China. Pada saat itu, Piaggio menuduh Zhejiang menyalin desain Vespa LX-nya, tetapi EUIPO menemukan perbedaan yang signifikan dan memutuskan bahwa orang tidak akan kesulitan membedakan keduanya.

 

KOMENTAR (0)