BBM Naik, Begini Cara Irit Mengendarai Kendaraan Matik

BBM Naik, Begini Cara Irit Mengendarai Kendaraan Matik

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tentu menimbulkan pro dan kontra, terutama bagi pemilik kendaraan seperti mobil. Hal tersebut cukup wajar karena pemilik mobil tentu harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli BBM saat ini.

Namun, selain itu, ada hal lain yang tak kalah penting untuk dipikirkan, yakni bagaimana membuat mobil bisa lebih irit untuk dikendarai, terutama bagi pengguna mobil matik.

BBM Naik, Begini Cara Irit Mengendarai Kendaraan Matik

Pasalnya, di balik kepraktisan dan kenyamanan, salah satu stigma dari mobil matik sampai saat ini adalah bahan bakar yang sedikit lebih boros. Meski demikian, bila benar-benar memperhatikan beberapa hal, pengendara mobil matik sebenarnya bisa saja lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.

Mobil matik bisa berubah jadi boros jika pemakaian asal. Menurut Teguh, setidaknya ada empat hal yang bisa dijadikan acuan agar konsumsi bahan bakar bisa irit, yakni:

BBM Naik, Begini Cara Irit Mengendarai Kendaraan Matik

– Injakan Pedal Gas

Pertama, soal kebiasaan menginjak pedal gas yang terlalu dalam atau asal bejek secara mendadak yang dampaknya membuat kerja ruang bakar terpacu lebih awal.  Ritme pembakaran di ruang mesin bisa maju sebelum masuk pada timing pembakaran yang ideal.

– Rem Mendadak

Selain itu, kebiasan menginjak pedal rem secara mendadak juga memengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Situasi pengereman mendadak, selain karena gaya sentrifugal pada permukaan jalan, mesin mobil juga berperan menahan beban penghentian kendaraan dalam konteks yang seketika atau mendadak.

BBM Naik, Begini Cara Irit Mengendarai Kendaraan Matik

– Gigi N (Netral)

Kebiasaan pengemudi yang tak menetralkan transmisi saat terjebak macet juga berpengaruh. Membiarkan tuas transmisi matik pada posisi drive (D) membuat girboks tetap menahan beban mobil. Pada kemacetan, gigi transmisi dipindahkan ke netral (N). Lalu, pindah kembali ke posisi D saat bergerak maju.

– Engine Brake

Salah satu hal yang bisa diperhatikan agar konsumsi bahan bakar mobil bisa terjaga, yakni penggunaan engine brake. Dengan teknik yang satu ini, kerja rem akan bisa berkurang karena deselerasi akan dibantu dengan putaran mesin mobil.

KOMENTAR (0)