BMW Group dan Great Wall Motor Kerjasama Listrik MINI

BMW Group dan Great Wall Motor pada hari Senin kemarin, 11 Juli,  melakukan kesepakatan bersama untuk memproduksi kendaraan listrik MINI dengan kerjasama 50:50 berbasis di Tiongkok.

Kerjasama antara keduanya tersebut bernama ‘Spotlight Automotive Limited’, sebagai perusahaan yang mewadahi pengembangan dan produksi mobil listrik MINI di China. Selain itu menjadi faslitas pula bagi Great Wall Motor. Lokasi fasilitas produksi akan ditempatkan di Provinsi Jiangsu.

“Penandatanganan hari ini mewakili tingkat kerja sama baru antara China dan Jerman,” kata Harald Krüger, Chairman of the Board of Management of BMW AG. “Strategi kemitraan ini adalah kesepakatan yang jelas untuk BMW Group dan Great Wall Motor, memungkinkan kami berkontribusi pada rencana ambisius China untuk meningkatkan kendaraan energi baru dan mengurangi emisi di sektor kendaraan,” urai Kruger.

Penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan oleh Wei Jianjun, Founder and Chairman of Great Wall Motor, dan Klaus Fröhlich, Member of Board of Management BMW AG for Development.

“Kekuatan dan keahlian dari kedua perusahaan saling melengkapi dengan baik,” ujar Fröhlich. “Pengalaman kami sebagai pelopor dan pemimpin di bidang elektrifikasi, ditambah dengan track record Great Wall Motor yang telah terbukti dalam industrialisasi yang efisien, memungkinkan kami bersama-sama untuk mendorong pertumbuhan pasar e-mobilitas terbesar di dunia.”

Lanjut Fröhlich. “Adanya kerjasama ini, kami dapat dengan cepat meningkatkan produksi dan meningkatkan efisiensi di segmen kendaraan listrik kompak yang sangat kompetitif.”

BMW Group juga terus mengembangkan kerjasama yang sudah berlangsung dengan perusahaan Tiongkok, Brilliance yakni BMW Brilliance Automotive (BBA). Kesuksesan BBA terbukti dengan terjualnya 560.000 unit kendaraan BMW di Tiongkok pada tahun 2017.

KOMENTAR (0)