Hadapi Pandemi Corona, GAIKINDO Realistis Soal Penjualan

Hadapi Pandemi Corona, GAIKINDO Realistis Soal Penjualan

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonedia (GAIKINDO) mengaku para perusahaan otomotif tak memiliki target penjualan muluk-muluk dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri (Lebaran) di tahun ini. GAIKINDO tak ada target khusus yang dibebankan. Padahal tiap tahun sebelum ini, momen ini menjadi waktu panen bagi perusahaan otomotif karena permintaan yang cenderung meningkat.

Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal GAIKINDO lebih realistis di tahun ini, karena masa pandemi belum terlihat kapan berakhir. “Kami tak ada bayangan sama sekali (target hadapi Ramadhan). Ini kejadian di luar normal. Kita nggak tahu,” kata Kukuh seperti dilansir dari laman Gaikindo.or.id.

Hadapi Pandemi Corona, GAIKINDO Realistis Soal Penjualan

Dirinya menambahkan bahwa sebenarnya, sinyal penurunan penjualan mobil sudah terlihat sejak bulan Maret lalu. Berdasar data Gaikindo, penjualan mobil tercatat hanya 76.800 unit. Angka itu turun 15 persen dibanding Maret 2019 yang masih mencatatkan penjualan 90.368 unit. Kukuh menilai hal itu wajar karena daya beli masyarakat yang menurun saat ini.

“Kami GAIKINDO melihatnya sekarang prioritasnya pandemi dulu. Selama pandemi masih ada, nggak akan ada peningkatan. Tidak ada orang mau beli kendaraan dan jika pun ada sangat sedikit. Karena mobil pun kebutuhan ke-berapalah. Bukan yang utama. Kecuali benar-benar penting,” tambah Kukuh.

Hadapi Pandemi Corona, GAIKINDO Realistis Soal Penjualan

GAIKINDO sudah merevisi target penjualan mobil 2020 dari yang semula sebesar 1,1 juta unit menjadi setengahnya atau 600 ribu unit. Namun, ia menegaskan bahwa target itu bisa berubah seiring berjalannya waktu. Bisa lebih tinggi, namun cenderung ke arah lebih rendah.

Pada masa pandemi belum juga mengirimkan sinyal kapan bakal usai. Namun, target tersebut menjadi patokan bagi perusahaan otomotif untuk bisa mengejar angka yang sudah ditetapkan, utamanya usai korona mereda. “Secara umum 600 ribu unit), dan tentunya kita ingin patokan supaya bisa merencanakan. Menghitung stok yang masih ada dan sebagainya,” katanya.

KOMENTAR (0)