Ini Bedanya Helm Balap dan Helm Biasa

Ini Bedanya Helm Balap dan Helm Biasa

Bagi Anda bikers sejati, penggunaan helm sudah pasti menjadi salah satu hal prioritas saat berkendara. Baik pengguna sepeda motor untuk harian atau untuk keperluan balap, penggunaan helm pun ada spesifikasi khususnya.

Balapan yang memacu sepeda motor sampai kecepatan lebih dari 300 km/jam sudah pasti membutuhkan proteksi yang mumpuni sekaligus mampu mendukung aerodinamika untuk memacu kecepatan yang lebih tinggi.

Dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, ada beberapa perbedaan antara helm balap dan helm-helm yang biasa dijual di pasaran dan berikut adalah penjelasan tentang perbedaan tersebut.

Ini Bedanya Helm Balap dan Helm Biasa

Sebenarnya Anda sudah bisa tahu perbedaannya saat dipegang aja sudah tahu bedanya. Apalagi jika dikenakan atau dipakai. Satu perbedaan dasar adalah pada helm balap, semuanya diperhitungkan. Mulai dari bagian batok helm, sampai ventilasi untuk mulut sangat diperhatikan desai, fungsi dan tingkat kenyamanannya.

Contoh, bagian ventilasi mulut helm balap didesain sedetil-detilnya agar ketika motor balap dipacu di lintasan dengan kecepatan tinggi, angin masuk tidak terlalu signifikan, namun tetap bisa membuat pebalap motor nyaman selama berada di lintasan balap. Contoh lainnya, bagian dalam helm. Busa untuk helm balap akan dibuat senyaman mungkin tapi bisa menjamin helm goyang-goyang ketika dipacu di kecepatan tinggi.

Soal visor atau kacanya pun antara helm balap dan helm biasa. Ketebalan kaca dan kualitas optical visor helm balap biasanya didesain khusus supaya pebalap bisa tetap fokus saat memacu sepeda motor balap di kecepatan sekencang apapun. Untuk tingkat safety, helm balap juga harus lebih aman karena untuk melindungi kepala pebalap sepeda motor yang memacu motornya sampai lebih dari 300 km/jam.

Ini Bedanya Helm Balap dan Helm Biasa

Pengujian untuk ini akan dilakukan benar-benar detail sehingga aspek keamanan lebih diutamakan. Perbedaan terakhir, ada pada bahan. Helm balap biasanya berbahan composite carbon kevlar, sedangkan helm biasa bahannya thermoplastic, fiber biasa.

 

KOMENTAR (0)