Ini Dia, 5 Lamborghini Miura yang Lolos Pebble Beach

Ini Dia, 5 Lamborghini Miura yang Lolos Pebble Beach

Pebble Beach Concours d’Elegance yang digelar sejak tahun 1950 masih tetap menjadi pertemuan para mobil klasik berkelas dunia.

Agar bisa terpajang di pameran bergengsi tersebut, bukan uang yang berbicara. Namun keseriusan pemilik mobil memerhatikan setiap detail rancang bangunnya agar bisa lolos.

Pada gelaran ke-59 tahun ini, (18/8), Pebble Beach Concours d’Elegance telah memilih dari puluhan Lamborghini Miura yang ingin tampil, merayakan mobil GP paling ikonik pada tahun 1960-an.

Ini Dia, 5 Lamborghini Miura yang Lolos Pebble Beach

Yup, diloloskan hanya lima unit Miura dari seluruh dunia untuk tampil. Ketiga unit di antaranya merupakan restorasi langsung dari Lamborghini Polo Storico di Sant’Agata Bolognese.

Miura kala itu dihadirkan sebagai kebebasan ekspresi tanpa batas dari Lamborghini yang menangani desain hingga para teknisinya.

Jelas saja, sekumpulan anak muda yang paling tua 27 tahun saat itu membidani Miura. Ahli permesinan Giampaolo Dallara dan Paolo Stanzani di dukung penuh oleh pengusaha visioner Ferruccio Lamborghini dan perancang termuda dari Bertone yakni Marcello Ganidini berusia 22 tahun.

Miura melakukan debut perdana tahun 1966 di Geneva Motor Show dan dianggap sebagai super sports car pertama di otomotif modern. Mid-engine V12 dengan 4 overhead cam, mobil produksi massal paling kencang kala itu.

Setidaknya ada 763 mMiura dibuat tahun 1966 hingga 1973 di Sant’Agata Bolognese. Hingga kini mobil klasik paling diburu untuk dimiliki dan dikendarai.

Ini Dia, 5 Lamborghini Miura yang Lolos Pebble Beach

Lamborghini Miura P400 tahun 1967 dimiliki Tom & Gwen Price, Belvedere, CA, USA, sasis #3087, seri ke-22 dari seri produksi asli 25. Awal dikirim baru ke pembalap Swiss Karl Foitek pada Juni 1967, melalui dealer di Zurich. Memilikinya hingga tahun 1972 dan menjualnya kepada John Middleton dari Lake Forest, Illinois, yang mempertahankan kepemilikannya selama 40 tahun berikutnya. Pemilik ke-3 memiliki mobil dipulihkan oleh ahli Lamborghini di AS dan pemiliknya saat ini membeli mobil pada Oktober 2018.

Lamborghini Miura P400 tahun 1968 dimiliki oleh Jon & Kim Shirley, Medina, WA, USA, sasis #3303, adalah Miura P400 ke-101 yang dibangun, selesai pada Februari 1968 dan segera dikirim ke pemilik pertamanya, Shah Iran, Mohammad Reza Pahlavi.
P400 tersebut dipesan khusus dengan bumper depan berlapis krom, setir khusus dan beberapa perubahan kosmetik lainnya. Kerennya, Shah mengambil sendiri pengiriman Miura, dilengkapi dengan ban stud khusus, di salju di rumahnya di St. Moritz.

Shah menjual Miura ini tepat sebelum kejatuhannya selama revolusi Iran tahun 1979, dan mobil itu kemudian disita oleh pemerintah Ayatollah Khomeini sebelum diselundupkan ke luar negeri. Beruntung dimiliki kembali oleh putra Shah selama 30 tahun ke depan. Pemulihan penuh dilakukan pada tahun 2018 dan pemilik saat ini membelinya pada awal tahun 2019.

Lamborghini Miura P400 tahun 1968 yang dimiliki oleh The Kaiser Collection, Vaduz, Liechtenstein, sasis #3586, mobi lini menjadi bintang filmnya, dikemudikan oleh aktor Rossano Brazzi, dalam adegan pembuka film Michael Cain The Italian Job, dirilis 2 Juni, 1969.

Sasis #3586 dipilih oleh eksekutif produksi Paramount untuk mencocokkan warna Miura yang rusak parah yang juga digunakan untuk adegan “menghancurkan” di film yang terkenal itu. Setelah pembuatan film selesai, Miura yang sekarat tersebut dikembalikan ke pabrik dan kemudian diserahkan, melalui dealer Lamborghini Italia Zani, kepada pemilik Italia pertamanya pada 2 Juli 1968. Setelah beralih tangan kolektor Italia, Jepang hingga Inggris, telah disertifikasi sebagai mobil film dan dipulihkan oleh Lamborghini Polo Storico pada tahun 2019.

Ini Dia, 5 Lamborghini Miura yang Lolos Pebble Beach

Lamborghini Miura P400 SV lansiran 1972 merupakan milik Jean Todt, asal Paris, Prancis, sasis #3673, salah satu dari 150 Miura SV yang diproduksi.

Mobil tersebut memakai nomor sasis 1968, dari P400 total dan dibongkar, seperti untuk permintaan pemilik pertamanya, Kapten Arthur Mechin, seorang mantan pilot RAF yang tinggal di Afrika Selatan, bersedia untuk menghindari biaya bea impor mobil baru.

Ini Dia, 5 Lamborghini Miura yang Lolos Pebble Beach

Dikirim pada November 1972, salah satu Miura terakhir yang diproduksi, ia menghabiskan hampir 30 tahun di Afrika Selatan sebelum dijual di AS pada tahun 2001. Dibeli oleh pemiliknya saat ini, pembalap reli legendaris, bos tim Formula Satu Ferrari, dan Presiden FIA , Mr. Jean Todt, pada tahun 2016, telah sepenuhnya dipulihkan oleh Lamborghini Polo Storico pada tahun 2018.

Ini Dia, 5 Lamborghini Miura yang Lolos Pebble Beach

Lamborghini Miura SVR perpaduan tahun 1968/1975 yang dimiliki oleh Shinji Takei, Jepang, sasis #3781, dibuat di Sant’Agata Bolognese pada tahun 1975. Mobil ini awalnya sebagai Miura S dan pertama kali ditampilkan di Turin Motor Show 1968 sebelum mulai di jual di Italia.

Pada 1974 dibeli digunakan di Jerman oleh Heinz Steber, kemudian dikembalikan ke pabrik meminta mereka untuk membangunkan Miura “balap” yang sangat istimewa.
Pada 1975, setelah 18 bulan dikerjakan, Steber hanya mengendarai sementara waktu, sebelum akhirnya menjual ke seorang kolektor Jepang.

Tetap dalam kepemilikan orang Jepang sejak itu, pada tahun 2016 telah dibeli lagi oleh pemilik saat ini, yang mempercayakan Lamborghini Polo Storico dari restorasi lengkap untuk mengembalikan mobil persis seperti yang dikirimkan pada tahun 1975.

KOMENTAR (0)