Inilah 5 Sepeda Motor Terbaru di EICMA 2019

Inilah 5 Sepeda Motor Terbaru di EICMA 2019

EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) International Motorcycle Show di Milan selalu menjadi acara yang ditunggu-tunggu bagi penggemar kendaraan roda dua, baik di benua Eropa maupun seluruh dunia. Acara ini telah menjadi tuan rumah bagi banyak pertunjukan perdana sepeda motor, mulai dari superbike, motor overlanding hingga adventure yang terus meningkat peminatnya.

Namun, walaupun tahun ini ajang EICMA 2019 dipenuhi berbagai model sepeda motor overlanding dan adventure, tidak menghentikan Honda untuk memamerkan sportbike terbarunya yang terinspirasi dari MotoGP. Nah, berikut 5 sepeda motor terbaru yang hadir di EICMA 2019:

Inilah 5 Sepeda Motor Terbaru di EICMA 2019

Ducati Scrambler Desert X Concept

Terinspirasi oleh motor reli klasik dan Cagiva Elefant yang legendaris setelah memenangkan seri balap Dakar, Scrambler Desert X pada dasarnya adalah versi lebih besar dan lebih hardcore dari Ducati Desert Sled. Detail yang mencolok tidak banyak, namun itu tidak menghentikan varian Scrambler ini untuk masuk dalam fase produksi.

Desert X memanfaatkan Scrambler 1100 sebagai arsitektur dasarnya, dibekali ban Pirelli Scorpion depan 21-inci dan ban belakang 18-inci, serta dilengkapi oleh 4 tangki bahan bakar untuk perjalanan jauh.

Inilah 5 Sepeda Motor Terbaru di EICMA 2019

Harley-Davidson Pan America

Setelah berbulan-bulan dipenuhi oleh konsep dan teaser, model adventure-touring berjuluk Harley-Davidson Pan America akhirnya dipamerkan secara resmi dalam wujud produksi. Ditenagai oleh mesin pendingin cair Revolution Max berkapasitas 1.250 cc, Pan America merupakan salah satu dari dua model kelas menengah yang membawa Harley-Davidson ke dalam segmen baru.

Harley-Davidson mengklaim bahwa mesin ini mampu menghasilkan tenaga 145 hp dan torsi 90 pound-feet. Brembo telah membuat ukuran baru untuk rem cakram monoblock khusus untuk Pan America dan Bronx Streetfighter, Michelin juga telah dikabarkan untuk bekerja sama dengan HD untuk mengembangkan ban khusus untuk motor gede pabrikan Amerika ini.

Inilah 5 Sepeda Motor Terbaru di EICMA 2019

Honda CBR1000RR-R

Di EICMA 2019, Honda menghadirkan CBR1000RR-R Fireblade SP 2021. Motor 999 cc berpendingin cairan yang terinspirasi oleh MotoGP ini telah diperbarui karena masalah-masalah spesifikasi pada model sebelumnya, dengan mesin long-stroke 55mm dan sasis yang dirancang untuk teknologi ban yang berbeda dengan yang digunakan pada model terakhir.

Mesin pada Fireblade SP ini juga tak main-main, dengan 4 silinder segaris DOHC 16 katup berkapasitas 999 cc, motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 215 hp pada 14.500 rpm, dengan torsi 113 Nm pada 12.500 rpm.

Inilah 5 Sepeda Motor Terbaru di EICMA 2019

KTM 390 Adventure

Biasanya, motor petualang dikenal dengan bobotnya yang cukup berat dan jok tinggi yang seolah ‘mengintimidasi’ dan kurang cocok untuk pengemudi yang lebih pendek. Sekarang, karena ada kenaikan peminat pada segmen motor adventure, KTM mengambil kesempatan itu untuk menciptakan motor yang lebih kecil, terjangkau, dan mudah untuk dikendarai.

Mesin pada 390 Adventure ini sama seperti yang terdapat pada RC 390 dan 390 Duke, pabrikan motor asal Austria ini pun mengklaim bahwa motor mereka memiliki berat kering 158 kg dan dilengkapi dengan suspensi yang dapat sepenuhnya disesuaikan. Selain itu, disematkan pula rem cakram Brembo 320 mm (depan) dan 230 (belakang). Motor adventure kecil ini akan dipasarkan seharga  USD 6,199 atau kisaran Rp 87 jutaan.

Inilah 5 Sepeda Motor Terbaru di EICMA 2019

Husqvarna Norden 901

Pada booth ‘saudara’ KTM yang berasal dari Swedia, Husqvarna Norden 901 hadir dan sekarang diklaim untuk menjadi motor adventure touring sejati. Motor ini menggunakan roda 21-inci (depan) dan 18-inci (belakang), dan dibekali 2 unit TFT display. Husqvarna mengklaim bahwa Norden 901 diciptakan untuk menjadi motor petualang yang sangat ringan, dan diciptakan bedasarkan KTM 790 Adventure. **MS

KOMENTAR (0)