Kolaborasi Dengan Pemerintah, Daihatsu Dukung Pendidikan Vokasi

Kolaborasi Dengan Pemerintah, Daihatsu Dukung Pendidikan Vokasi

Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam membangun bangsa. Melihat gentingnya hal ini, Daihatsu mengambil bagian dalam mengembangkan dunia pendidikan melalui pilar CSR (Corporate Social Responsibility) ‘Pintar Bersama Daihatsu’.

Salah satu komitmen Astra Daihatsu Motor dalam pilar ini adalah untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan sekolah vokasi mengembangkan sistem pembelajaran yang fit dengan kebutuhan dunia industri. Mengambil konsep link and match, hal ini dilakukan dengan tujuan mempertemukan dunia pendidikan vokasi dan dunia industri.

Melanjutkan komitmen tersebut, pada hari Kamis, 29 September 2022 lalu, Astra Daihatsu Motor kembali melakukan perjanjian kerjasama melalui kegiatan akreditasi serta penandatanganan MoU dan pengesahan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) yang berlokasi di SMK YKP MAGETAN.

Kegiatan penandatanganan MoU ini dilakukan bersama dengan 11 SMK di area Jawa Timur dan Bali, serta 74 SMK pada pengesahan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS). Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T., Kepala Divisi Corporate Planning & Communications Astra Daihatsu Motor, Dikky Burhan serta perwakilan manajemen dari perusahaan dan institusi pendidikan lainnya yang berpartisipasi pada acara ini.

Kolaborasi Dengan Pemerintah, Daihatsu Dukung Pendidikan Vokasi

Pada acara ini, Daihatsu memberikan bantuan berupa unit engine beserta transmisi kepada SMK Binaan Daihatsu yang sudah terakreditasi sesuai dengan standard Daihatsu. Dengan donasi ini, diharapkan murid-murid SMK dapat praktik langsung dalam pengoperasian teknologi mesin terkini, sehingga lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T, dalam sambutannya berharap melalui program kerja sama Pintar Bersama Daihatsu, kompetensi murid semakin meningkat dan sesuai kebutuhan industri, sehingga memengaruhi tingkat keterserapan lulusan dari SMK.

Selain itu, mendukung program ini, ia juga berharap pelatihan untuk guru-guru dapat ditingkatkan, serta program ini bisa menjangkau lebih banyak sekolah di Jawa Timur.

Kolaborasi Dengan Pemerintah, Daihatsu Dukung Pendidikan Vokasi

Sebagaimana diketahui, program Pintar Bersama Daihatsu telah berjalan sejak tahun 2008 dan hingga kini Daihatsu membina 439 SMK yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui program ini, ADM berkomitmen untuk mendukung pembelajaran murid-murid SMK, baik hard skill maupun soft skill. Selain itu, juga membuka kesempatan bagi para lulusan SMK untuk bekerja di pabrik ADM.

“Penandatanganan kerjasama hari ini merupakan komitmen Daihatsu untuk bersama-sama menumbuhkembangkan kompetensi Siswa SMK agar memiliki kualitas sesuai dengan tuntutan Industri,” ujar Corporate Planning & Communication Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Dikky Burhan.

KOMENTAR (0)