Komunitas Vespa Jakarta Siap Kawal Obor Asian Games 2018

Komunitas Vespa Jakarta Siap Kawal Obor Asian Games 2018

Gaung Asian Games XVII yang akan digelar di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September 2018 makin ramai. Antusiasme masyarakat Indonesia untuk pesta olahraga akbar se-Asia inipun sangat tinggi, termasuk dari kalangan otomotif.

Kali ini, beberapa komunitas Vespa yang dikordinir oleh iVespa menggerakkan rekan-rekan lainnya untuk terlibat langsung untuk ikut mengawal api obor atau Torch Relay. Salah satu penggagasnya, Yanto Herlambang mengatakan bahwa persiapan kegiatan ini telah dilakukan sejak setahun lalu.

Komunitas Vespa Jakarta Siap Kawal Obor Asian Games 2018

“Kami secara intens melakukan lobi dalam beberapa bulan terakhir dengan pihak Dispora Pemprov DKI selaku tuan rumah serta pihak INACGOC sebagai panitia nasional Asian Games. Kami kemudian membentuk Vespa Community Comitte untuk mengajak klub atau komunitas lain terlibat dalam Torch Relay atau pengiring api obor Asian Games,” jelas pria yang ditunjuk menjadi ketua pelaksana Torch Relay Vespa Commmunity for Asian Games 2018, di Jakarta (12/8).

Komunitas Vespa Jakarta Siap Kawal Obor Asian Games 2018

Melalui proses yang cukup panjang, akhirnya sebanyak 17 klub/komunitas Vespa dari berbagai area di Jakarta terkumpul dan bersedia ikut bergabung dalam Vespa Volunteers. Mereka adalah iVespa Indonesia, GTVS Prapanca, BBC, Piaggio Lovers, Ondewey, Scooter Bee, Velors, Stenbeii, Owner Club 946, Vespa Selatan, Vespa Tebet Society, Hore Scooter, Kutu Community, SMA 6 Vespa Club, Vespa Escape, Vespa Ranger, I’m Sprint dan Balap Keong.

Vespa yang dipilih pun hanya khusus untuk Vespa modern. “Keputusan untuk tidak melibatkan Vespa tua atau 2-tak ini agar pelari atau atlet yang ikut dalam rombongan ini tidak terganggu. Karena pastinya Vespa 2-tak kan menimbulkan polusi asap,” jelasnya.

Komunitas Vespa Jakarta Siap Kawal Obor Asian Games 2018

Kegiatan ini akan digelar pada 15-16 Agustus 2018 dengan diikuti oleh lebih dari 250 Vespa. Beberapa di antaranya akan diatur dengan formasi menarik, seperti Vespa berwarna merah dan putih untuk melambangkan bendera Indonesia berada di posisi paling depan. Sedang di belakang diikuti Vespa dengan warna-warni untuk simbol keragaman bangsa Indonesia.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, selaku pembina iVespa sekaligus Direktur Transportasi Asian Games 2018. “Saya sangat mendukung dan salut dengan komunitas Vespa untuk ikut mendukung Asian Games 2018 sebagai pengiring api obor. Mari kita sukseskan tanpa membawa unsur politik,” kata Nanan.

Sekedar informasi, Indonesia terakhir menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962. Tahun ini, komunitas Vespa mendapatkan kesempatan emas dan langka atau bahkan hanya bisa dialami seumur hidup sekali bagi para anggotanya.

KOMENTAR (0)