Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Arus Balik Mudik Lebaran

Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Arus Balik Mudik Lebaran

Tiba saatnya di penghujung liburan lebaran 2022. AutoFamily yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kini sedang bersiap untuk kembali ke rumah, dengan rata-rata jarak tempuh cukup jauh.

Nah menghadapi arus balik, AutoFamily yang khususnya menggunakan mobil pribadi tentu harus tetap waspada. Auto2000 memberikan beberapa tips, supaya perjalanan pulang dari liburan lebaran tetap aman dan nyaman.

Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Arus Balik Mudik Lebaran

1. Pastikan Waktu Istirahat yang Cukup

Berkendara jarak jauh membutuhkan kondisi fisik yang prima. Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum mengemudi mobil supaya tubuh bugar. Karena kondisi badan tentu akan menurun, mengingat di masa liburan cukup menguras energi.

Selama berkendara, sebaiknya AutoFamily beristirahat setiap 2 jam sekali dan upayakan untuk tidur selama sekitar 30 menit di 2 jam kedua. Andai mengemudi melewati waktu 6 jam, usahakan agar ada sopir pengganti untuk mengurangi keletihan.

2. Managemen Perjalanan

Pemerintah memiliki rencana untuk mengatur arus lalu lintas arus balik supaya tetap terkendali. Pantau terus informasinya melalui pemberitaan media atau melalui akun resmi institusi terkait. Manfaatkan peta digital untuk mempelajari rute yang paling nyaman dan waktu perjalanan yang paling tepat, termasuk mempelajari jalur alternatif kalau rute utama mengalami kemacetan panjang.

Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Arus Balik Mudik Lebaran

3. Safety Driving

Ini merupakan cara mengemudikan mobil AutoFamily dengan mengikuti standar keselamatan agar meminimalisir risiko kecelakaan. Mulai dari persiapan mobil, kebugaran tubuh, posisi berkendara yang pas, mengemudikan kendaraan dengan benar, dan mematuhi etika berkendara dan aturan lalu lintas.

4. Bikin Suasana Kabin Nyaman

Perjalanan panjang saat arus balik lebaran harus tetap menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. AutoFamily bisa mengatur peletakan barang agar tidak mengganggu ruang gerak penumpang. Atur pula kapasitas penumpang agar tidak melebihi ketentuan. Bawa makanan dan minuman yang memadai, terutama jika ada anak dan lansia.

Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Arus Balik Mudik Lebaran

5. Perhitungkan Bahan Bakar dan Saldo E-toll

Bahan bakar yang selalu terisi penuh dan saldo e-toll yang cukup merupakan salah satu syarat agar AutoFamily dapat berkendara dengan tenang di jalan tol. Selain itu, isi penuh bensin saat berangkat dan tidak mengandalkan pom bensin di rest area kecuali terpaksa mengingat risiko penuh dan macet.

6. Kendalikan Emosi

Jutaan orang yang bermobilitas di waktu yang bersamaan berpotensi macet dan menguras kesabaran. AutoFamily harus tetap bisa mengelola emosi, supaya perjalanan tetap menyenangkan dan nyaman bagi keluarga tercinta. Kemudian tidak terprovokasi ketika ada pengemudi lain melakukan manuver berbahaya.

Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Arus Balik Mudik Lebaran

7. Pastikan Mobil Dalam Kondisi Prima

Menjaga mobil AutoFamily tetap prima, lakukan kembali pengecekan pada beberapa komponen mobil, mulai cairan seperti oli, air radiator, air wiper dan cairan lainnya, lalu lampu-lampu, tekanan ban serta komponen penting lain. Demi memastikan supaya lebih aman, bisa sambangi bengkel siaga Auto2000 yang masih buka di kota masing-masing, dengan mengecek situs resmi Auto2000 Digiroom.

KOMENTAR (0)