Mitsubishi Ralliart Juara Asia Cross Country Rally 2022

Mitsubishi Ralliart Juara Asia Cross Country Rally 2022

Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan bahwa Tim Mitsubishi Ralliart, yang mendapat dukungan teknis dari Mitsubishi Motors, telah berpartisipasi pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 berlangsung  21-26 November di Thailand dan Kamboja dengan mobil reli Triton (Kendaraan lintas negara prototipe Grup T1).

Dengan jarak total 1.524 kilometer (km), termasuk 637 km special stages (SS), perally Chayapon Yotha (Thailand) finish di posisi pertama secara keseluruhan, dengan total waktu 8 jam, 22 menit, dan 42 detik, dan Rifat Sungkar (Indonesia) finish di posisi kelima, tertinggal 17 menit 14 detik dari pemimpin klasemen.

Mitsubishi Ralliart Juara Asia Cross Country Rally 2022

Setelah absen 3 tahun, AXCR kembali digelar mulai 21 November di Buriram, di bagian timur laut Thailand, di mana SS pertama dari reli dan seremonial start diadakan. Babak 1 pada 22 November hingga Babak 3 pada 24 November termasuk SS yang berlokasi di area sekitar Buriram.

Babak 4 pada 25 November menampilkan reli melintasi perbatasan ke Kamboja setelah menyelesaikan SS di sekitar Buriram, sedangkan Babak 5 pada 26 November berakhir di tujuan seremonial yang spektakuler di dekat Angkor Wat, objek wisata terkenal di Siem Reap, Kamboja.

Paruh pertama reli di Thailand sebagian besar terdiri dari etape berkecepatan tinggi di jalan beraspal yang kasar dan kering.

Mitsubishi Ralliart Juara Asia Cross Country Rally 2022

Sedangkan babak kedua lebih menantang dengan genangan air yang besar dan dalam yang tersebar di jalan berlumpur yang disebabkan oleh hujan lebat, dan jalur yang lebih sulit dibandingkan dengan lima tahapan sebelumnya menunggu para peserta di Kamboja.

Chayapon Yotha , mengendarai mobil Triton #105, finis kelima di SS1 pada hari pertama. Pada hari kedua, ia mencatat waktu tercepat di SS2, SS terpanjang AXCR tahun ini dengan lintasan 203 km, dan naik ke posisi keseluruhan teratas.

Mitsubishi Ralliart Juara Asia Cross Country Rally 2022

Setelah itu, kinerja mengemudi yang kuat dan handling Triton yang gesit membantunya menyelesaikan SS3 di urutan ketujuh, SS4 di urutan keenam, SS5 di urutan kelima, dan SS6 di urutan kelima, dan dia mempertahankan keunggulan yang telah dia bangun di SS2 untuk mengambil kemenangan keseluruhan.

Rifat Sungkar di mobil #118 finis SS1 di posisi keenam setelah rekan setimnya. Dia mengincar posisi yang lebih tinggi, tetapi setelah menderita ban kempes dan kerusakan sasis berikutnya di SS2, dia turun ke posisi kedelapan.

Mitsubishi Ralliart Juara Asia Cross Country Rally 2022

Pekerjaan perbaikan tim memungkinkannya untuk melanjutkan reli keesokan harinya, dan ia finis keempat di SS3, kelima di SS4, keempat di SS5, dan ketujuh di SS6, menyelesaikan reli di urutan kelima secara keseluruhan sambil membuktikan ketangguhan Triton.

Sakchai Hantrakul di mobil #119 dinyatakan positif Covid-19 setelah SS1 dan sayangnya harus menghentikan reli.

Mitsubishi Ralliart Juara Asia Cross Country Rally 2022

Hiroshi Masuoka, direktur tim Mitsubishi Ralliart, mengatakan, untuk AXCR tahun ini, Mitsubishi membangun reliabilitas dan durabilitas Triton yang tinggi dengan menyetel mesin dan sasis, serta memasuki reli dengan spesifikasi yang relatif mendekati mobil produksi.

KOMENTAR (0)