Mobil Listrik ‘Blits’ Tiba di Kota Bengkulu

Mobil Listrik 'Blits' Tiba di Kota Bengkulu

Mobil listrik hasil karya Universitas Budi Luhur dan ITS Surabaya akhirnya sampai di kota Bengkulu. Mobil yang dinamai Blits (Budi Luhur-ITS) ini sudah menempuh jarak sekitar 1.605 km yang dimulai dari Surabaya-Jakarta-Bengkulu.

“Jalur Sumatera di dominasi oleh tanjakan dan turunan yang menjadi tantangan mobil listrik Blits (Budi Luhur – ITS), khususnya di daya tahan baterai dan tenaga mobil saat menghadapi tanjakan terjal. Kami juga mampu uji coba pengereman Blits saat turunan curam di jalur pegunungan di daerah Lampung. Selain itu saat turun hujan lebat di perjalanan, Blits tidak mengalami masalah berarti baik dari baterai ataupun perangkat mobil listrik lainnya. Dengan ini, kami lebih mengerti karakter Blits dan banyak mendapat data untuk peningkatan kemampuan mobil listrik ini,” ungkap Yoga Uta Nugraha, Project Leader Blits.

Mobil Listrik 'Blits' Tiba di Kota Bengkulu

Jelajah Sumatera Blits melakukan pengisian baterai di Rayon PLN yang berada di setiap Kabupaten atau Kota. “PLN  Blits Explore Indonesia ini kami bekerjasama dengan PLN untuk pengisian baterai, dan kami sangat  terbantu karena PLN telah siapkan alat pengisian baterai di setiap rayon Kabupaten atau Kota yang kami datangi. Kami melakukan pengisian baterai Blits setelah menempuh perjalanan 150-200km, dengan lama pengisian sekitar 4 – 6 jam,” tambah Uta.

Selama perjalanan Jelajah Sumatera Blits mendapatkan antusias dan sambutan baik dari masyarakat dan karyawan PLN yang disinggahi oleh tim Blits. Menariknya saat tiba di Bengkulu tim Blits di sambut oleh Mahasiswa Universitas Bengkulu, dan mengisi kuliah umum di Fakultas Teknik bidang studi mobil listrik.

Mobil Listrik 'Blits' Tiba di Kota Bengkulu

Kasih Hanggoro selaku Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti menambahkan,”Ini merupakan awal yang baik untuk PLN Blits Explore Indonesia karena mendapatkan antusias besar dari masyarakat Sumatera. Serta menjadi inspirasi bagi Universitas dan mahasiswa yang dikunjungi, bahwa kita bisa ciptakan mobil listrik sendiri untuk berlaga di Rally Dakar nanti. Selain itu kontur jalan yang sulit dan kendala pada Blits akan menjadi masukan bagi tim untuk mengevaluasi mobil listrik ini menjadi lebih baik dan sempurna,” jelas pria yang pernah mengikuti Rally Dakar ini.

Setelah melewati Bengkulu, Blits akan melanjutkan perjalanan menuju Palembang, Padang, Medan, dan berakhir di titik 0 km yaitu Sabang. Jelajah Sumatera ini merupakan awal perjalanan PLN Blits Explore Indonesia, karena Blits akan melewati rintangan yang lebi berat dengan menelusuri perjalanan ke Pulau Kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali dan berakhir kembali di Surabaya.

Mobil Listrik 'Blits' Tiba di Kota Bengkulu

“Mobil listrik Blits ini belum dibilang bagus kalau belum bisa melewati 15.000 km. Dari perjalanan itu tim Blits baru mendapatkan data apa saja kekurangan dari mobil listrik ini dan akan di evaluasi kembali. Setelah itu baru tim sempurnakan Blits yang tangguh untuk siap mengikuti Rally Dakar, yang merupakan Rally paling ganas di dunia,” tutup Kasih Hanggoro.

 

Mobil Listrik 'Blits' Tiba di Kota Bengkulu

KOMENTAR (0)