Modifikasi Isuzu Elf NMR 71 Eksis di Jogja Truck Festival 2018

Modifikasi Isuzu Elf NMR 71 Eksis di Jogja Truck Festival 2018

Pesta modifikasi truk se-Indonesia digelar di Jogja Expo Center (JEC) selama dua hari, 8-9 September 2018. Event Jogja Truck Festival (JTF) 2018 merupakan event ajang modifikasi truk pertama kalinya yang digelar secara profesional.

Animo peserta pun membludak dari komunitas pemilik truk di Indonesia, mulai dari Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Cirebon, Jakarta, Lampung, Jambi, Jepara, Malang, Kudus, Bali, Lombok, Semarang, Blitar dan Jogjakarta sebagai tuan rumah.

“Tak kurang dari 195 peserta terlibat dan berkompetisi disini memperebutkan sebanyak 15 kategori yang dilombakan,” ujar Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Indro Kimpling Suseno selaku Ketua Penyelenggara di pembukaan JTF 2018. Totalnya, sebanyak 140 unit truk, 35 unit pick up serta puluhan miniatur truk hadir menjadi peserta JTF 2018.

Modifikasi Isuzu Elf NMR 71 Eksis di Jogja Truck Festival 2018

Belasan kategori yang dilombakan tersebut di antaranya The Best Truck Exterior, The Best Truck Interior, Extreme Modification dan lain-lain.

Sebagai salah satu merek kendaraan komersial andalan masyarakat Indonesia, Isuzu juga tak mau ketinggalan meramaikan Jogjakarta Truk Festival (JTF) 2018.

Tak kurang dari belasan unit truk Isuzu ELF tipe NMR71 tercatat sebagai peserta kontes dengan bentuk ubahan cukup beragam. Mulai dari modifikasi eksterior dengan tampilan cat, cutting sticker serta airbrush, hingga bagian interior serta aplikasi sistem motorized.

“Kami akui pengguna Isuzu Elf di Jawa Tengah memang memiliki keunikan tersendiri, khususnya para pengguna tipe NMR 71 yang memang terkenal kreatif untuk mendandani truk mereka. Dalam hal ini kami sangat senang melihat konsumen loyal kami begitu intimnya dengan produk Isuzu yang mereka miliki. Di mana selain sebagai partner bisnis, truk Isuzu ELF NMR 71 juga menjadi tempat mencurahkan ide-ide mereka. Kami sangat mendukung para pemilik Isuzu ELF yang saat ini mengikuti Jogjakarta Truck Festival 2018,” dukung Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Salah satu karoseri yang terlibat dalam proyek modifikasi peserta JTF 2018 adalah Bawor Maju Jaya. Tak kurang dari 3 unit Isuzu ELF NMR71 dibangun karoseri asal Banyumas ini dari kondisi standard menjadi truk modifikasi layak kontes.

Modifikasi Isuzu Elf NMR 71 Eksis di Jogja Truck Festival 2018

Dari ketiga unit Isuzu ELF NMR71 tersebut, masing-masing membutuhkan dana hingga mencapai rata-rata Rp150 juta.

“Sisi kabin yang paling rumit untuk dimodifikasi. Tantangan terberatnya di sektor ini karena harus kami bongkar semua. Di sisi lain, urusan cat juga bisa menyedot biaya cukup besar. Bisa dibayangin mas, kalau harga cat untuk truk itu bisa mencapai harga Rp 2 juta per kilogram. Dan rata-rata untuk menggarap satu unit truk itu bisa menghabiskan sebanyak 5 kilogram,” cerita Taryo, salah satu teknisi Bawor Maju Jaya.

Modifikasi Isuzu Elf NMR 71 Eksis di Jogja Truck Festival 2018

Meski sudah dimodifikasi habis-habisan, namun menurut Taryo, truk tersebut harus tetap aman dan layak jalan dipakai sehari-hari. Jadi modifikasinya hanya sebatas tampilan tanpa harus menambah atau mengurangi bagian-bagian lain, khususnya di sektor mesin dan juga fitur safety.

 

KOMENTAR (0)