MotoGP Australia 2022, Alex Rins Podium Pertama

MotoGP Australia 2022, Alex Rins Podium Pertama

Alex Rins (Suzuki Ecstar) secara dramatis keluar sebagai pemenang balapan MotoGP Australia 2022, Minggu (16/10/2022) pagi WIB. Di sisi lain, juara bertahan Kejuaraan Dunia MotoGP, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), gagal finis sementara Marc Marquez (Repsol Honda) sukses menggenapkan koleksi podium MotoGP miliknya menjadi 100.

MotoGP Australia merupakan balapan ke-18 Kejuaraan Dunia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island. Alex Rins tampil sangat gemilang karena berhasil memenangi balapan meski start dari urutan ke-10. Ini adalah kemenangan pertama Alex Rins pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2022.

MotoGP Australia 2022, Alex Rins Podium Pertama

Dengan finis di urutan kedua, Marc Marquez kini menjadi pebalap keempat yang menyentuh 100 podium dalam sejarah MotoGP. Marquez mengikuti jejak tiga legenda hidup MotoGP, yakni Valentino Rossi (199 podium), Jorge Lorenzo (114), dan Dani Pedrosa (112). Hasil MotoGP Australia 2022 sekaligus mengakhiri puasa 357 hari Marquez tanpa naik podium. Adapun Quartararo selaku juara dunia MotoGP musim lalu bernasib sial di Sirkuit Phillip Island.

Quartararo yang memulai balapan dari urutan kelima sudah melorot ke posisi 22 pada lap keempat setelah melakukan kesalahan pengereman di Tikungan 4. Tepat pada lap ke-14, Quartararo mengalami kecelakaan low side di Tikungan 2. Insiden itulah yang membuat Quartararo gagal finis. Ini menjadi kali ketiga dari empat balapan terakhir Quartararo tak mencatatkan poin di Kejuaraan Dunia.

MotoGP Australia 2022, Alex Rins Podium Pertama

Marc Marquez menjadi satu-satunya pebalap yang menggunakan ban belakang soft. Jorge Martin (Pramac Racing) selaku pemilik pole position MotoGP Australia 2022 sukses mempertahankan posisi terdepan di Tikungan 1. Jorge Martin terus memimpin pada awal lap edua diikuti oleh Marquez, Bagnaia, Aleix Espargaro, dan Fabio Quartararo.

Pada awal lap ketiga, Jack Miller sukses menyalip Quartararo untuk mengambil alih posisi kelima. Tepat pada lap keempat, Quartararo melorot sampai ke urutan ke-22 setelah melebar di Tikungan 4 atau ‘Miller Corner’. Adapun Jorge Martin berhasil mempertahankan posisi terdepan diikuti oleh Marquez dan Bagnaia hingga lap ketujuh. Pada awal lap ke-8, Bagnaia harus turun ke posisi empat setelah disalip Alex Rins (Suzuki Ecstar).

MotoGP Australia 2022, Alex Rins Podium Pertama

Tepat pada lap ke-9, Jack Miller langsung terlempar keluar lintasan setelah ditabrak Alex Marquez (LCR Honda) di Tikungan 4. Tidak lama berselang, Quartararo mengalami crash low side setelah kehilangan cengkraman ban depan ketika hendak melintas di Tikungan 2.

Dua insiden di atas membuat Jack Miller, Alex Marquez, hingga Quartararo, tidak bisa melanjutkan balapan. Tepat pada lap ke-14, lima pebalap di barisan terdepan, Martin, Marquez, Rins, Bagnaia, dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing) saling melakukan manuver. Bagnaia kemudian sukses mengambil alih pimpnan balapan pada awal lap ke-15 diikuti oleh Marquez, Alex Rins, Bezzecchi, dan Jorge Martin.

MotoGP Australia 2022, Alex Rins Podium Pertama

Persaingan di barisan terdepan semakin sengit pada lap ke-20 setelah Alex Rins menyalip Bagnaia dan Bezzecchi mengasapi Marquez. Bagnaia berhasil kembali mengambil alih pimpinan balapan tidak lama berselang. Bagnaia memimpin pada lap ke-23 dikuti oleh Bezzecchi dan Alex Rins.

Rins lalu menyalip pebalap asal Italia itu secara dramatis pada lap terakhir. Setidaknya, Bagnaia kini mengambil alih pimpinan klasemen Kejuaraan Dunia dari Fabio Quartararo dengan dua balapan tersisa.

KOMENTAR (0)