MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Asapi Quartararo

MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Asapi Quartararo

MotoGP Spanyol 2022 sukses dimenangkan oleh Francesco Bagnaia, di Sirkuit Jerez, Minggu (1/5/2022). Pebalap yang memulai balapan dari posisi terdepan ini berhasil memimpin balapan hingga lewati garis finis.

Finish di posisi kedua adalah pebalap Yamaha Fabio Quartararo, posisi ini memang terjaga sejak babak kualifikasi dimana keduanya menempati urutan pertama dan kedua.

MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Asapi Quartararo

Pertarungan sengit terjadi di perebutan posisi ketiga, ada tiga pebalap yang terlibat yakni Jack Miller, Marc Marquez dan Aleix Espargaro.

Bahkan sampai penghujung balapan, ketiganya terlibat aksi saling menempel. Marquez sempat menyodok ke posisi tiga, namun hampur terjatuh pada lap 22 tikungan ke-13. Situasi ini dimaksimalkan Aleix dengan menyalip dua pebalap sekaligus, buat mengunci posisi tiga.

MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Asapi Quartararo

Bagnaia yang start dari pole position masih mempertahankan posisinya hingga lewati tikungan pertama. Diikuti Fabio Quartararo di belakangnya dan Jack Miller naik ke posisi ketiga.

Takaaki Nakagami sempat berada di depan Marc Marquez, tapi begitu sampai di tikungan terakhir langsung disalip oleh pebalap Repsol Honda tersebut. Nakagami langsung kehilangan dua posisi, karena Aleix Espargaro juga menempel ketat di belakang Marquez.

MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Asapi Quartararo

Sementara itu, Bagnaia dan Quartararo terlihat mulai memberikan jarak dengan barisan di belakangnya. Tercatat selisihnya pada lap ketiga sudah berjarak 0,6 detik.

Quartararo terus menempel ketat di belakang Bagnaia. Tapi, pebalap Ducati tersebut juga terus menggeber Ducati Desmosedici GP22 hingga mencatatkan fastest lap.

Baru sampai di lap keempat, Quartararo mulai terlihat memberikan tekanan pada Bagnaia. Pada lap keenam, Bagnaia dan Quartararo sudah membuka jarak hingga 1,6 detik dengan Miller di belakang.

Posisi di belakang juga belum berubah. Marquez masih di posisi keempat, diikuti Aleix di posisi kelima, dan Joan Mir di posisi keenam. Nakagami bertahan di posisi ketujuh. Marco Bezzecchi berhasil menyalip Johann Zarco.

MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Asapi Quartararo

Masuk lap kedelapan, Bagnaia masih mendapat tekanan dari Quartararo. Selisih kedua pebalap ini dengan Miller bertambah menjadi 2,7 detik.

Sementara Miller, hanya terpaut 0,2 detik dari Marquez yang terus mengintai di belakangnya. Rombongan ini diisi juga oleh Aleix yang belum kendur performanya.

Akhirnya, memasuki lap ke-19, Bagnaia sudah meninggalkan Quartararo hingga 0,7 detik. Sedangkan jarak antara Quartararo dengan Miller, sudah terpaut 7,5 detik.

MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Asapi Quartararo

Hingga menjelang lap terakhir, Bagnaia masih kuat di depan dengan diikuti Quartararo. Perebutan tempat ketiga dimenangkan oleh Aleix Espargaro, diikut

KOMENTAR (0)