‘New Normal’, Ini Lima Perlengkapan yang Wajib Dibawa

'New Normal', Ini Lima Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Pemerintah berencana menerapkan pelonggaran sosial usai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Masyarakat harus beradaptasi dengan kondisi New Normal dengan hidup sesuai protokol kesehatan, di tengah wabah corona.

Begitu juga saat berkendara untuk kembali bekerja. Menurut Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Edy Nursalam, rutinitas harian saat berkendara harus sesuai prinsip physical distancing. “Aturan berkendara saat new normal, prinsipnya tetap memakai masker, jaga jarak, dan kapasitas penumpang dibatasi 50 persen,” kata Edi.

Hal yang tidak kalah penting adalah, bagaimana tetap menjaga kesehatan dengan membawa barang-barang yang bisa berfungsi untuk meminimalisir kontaminasi virus. Seperti barang-barang di bawah ini yang sebaiknya dibawa dalam mobil saat kondisi new normal.

Nah, inilah beberapa barang yang wajib dibawa saat New Normal diberlakukan:

'New Normal', Ini Lima Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Masker

Masker menjadi perlengkapan yang wajib dipakai saat berkendara selama PSBB berlaku. Namun, menurut Kepala Rumah Sakit Kepala IGD RS Daha Husada Kediri Jawa Timur, dr Tri Maharani, pemakaian masker juga ada batasnya. Masker medis dan masker kain sebaiknya hanya dipakai sekitar 4 jam. Khusus masker kain bisa dicuci kembali dengan prosedur yang benar.

'New Normal', Ini Lima Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Hand Sanitizer

Tangan menjadi media yang cepat menyebarkan virus dan bakteri, sehingga kebersihannya harus tetap terjaga. Hand sanitizer pun bisa jadi perlengkapan berkendara yang harus dibawa saat kondisi new normal. Namun, harus diperhatikan tempat meletakkannya di dalam mobil. Sebab, kandungan alkohol dalam hand sanitizer mudah terbakar jika terpapar panas.

'New Normal', Ini Lima Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Air Mineral

Dehidrasi bisa menurunkan imunitas sehingga tubuh menjadi mudah terserang penyakit, terutama saat berkendara jarak jauh. Dan disarankan pengendara membawa air mineral dalam botol pribadi setiap hari, dan usahakan untuk minum setiap 1 sampai 2 jam.

'New Normal', Ini Lima Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Vitamin

Asupan vitamin bisa diperoleh dari mengonsumsi buah-buahan atau vitamin. Namun, jika waktu beraktivitas cukup padat selama new normal bisa juga mengonsumsi multivitamin.

'New Normal', Ini Lima Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Cairan Pembersih Mobil

Kebersihan kabin mobil juga harus diperhatikan, seperti filter AC yang harus dicek rutin agar sirkulasi udara di kabin lebih segar. Begitu juga kebersihan permukaan eksterior dan interior yang sering disentuh tangan sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri.

KOMENTAR (0)