Klasik dan Langka: Alfa Romeo Tipo 33 Stradale 1967

Klasik dan Langka: Alfa Romeo Tipo 33 Stradale 1967

Alfa Romeo Tipo 33 Stradale adalah kendaraan pabrikan pertama yang memiliki fitur pintu dihedral, atau yang juga dikenal sebagai pintu kupu-kupu (butterfly doors). Besutan Alfa Romeo yang dikenal sebagai sportscar super-kencang pada masanya ini juga dilengkapi jendela samping yang membentuk kurva ke atas atap kendaraan.

Alfa Romeo Tipo 33 Stradale memiliki bodi aluminium yang dibangun pada sasis aluminium tubular, dengan kreasi desain dari Franco Scaglione. Uniknya, setiap unit 33 Stradale dibangun dengan tangan, karenanya masing-masing unit pun sedikit berbeda antara satu sama lain pada beberapa detailnya.

Klasik dan Langka: Alfa Romeo Tipo 33 Stradale 1967

Salah satu contoh yang cukup signifikan, model awal Alfa Romeo Tipo 33 Stradale memiliki lampu depan kembar, namun diganti menjadi lampu tunggal pada beberapa unit versi akhir. Posisi wiper kaca depan, dan bahkan jumlah wipernya sendiri, adalah hal lain yang membedakan. Selain itu, versi akhir juga memiliki ventilasi tambahan di belakang kedua roda depan dan belakang, yang memungkinkan udara panas dari rem untuk mengalir keluar.

Klasik dan Langka: Alfa Romeo Tipo 33 Stradale 1967

Di sektor dapur pacu, Alfa Romeo 33 Stradale mengusung jenis mesin balap yang sama sekali berbeda dengan mesin pada model Alfa Romeo lainnya yang diproduksi secara massal. Insinyur mesin balap Carlo Chiti yang dipercaya membesut mesin sportscar ini, berhasil merakit mesin V8 berkapasitas 1995 cc yang mengadopsi fitur injeksi bahan bakar SPICA, 4 ignition coils dan 16 busi untuk 33 Stradale ini.

Klasik dan Langka: Alfa Romeo Tipo 33 Stradale 1967

Alhasil, mesin V8 Stradale mampu menggenjot daya 230 hp (172 kW) pada 8.800 rpm di jalanan biasa, dan 270 bhp (201 kW) di arena balap. Selain itu, dengan top speed 260 km/h (160 mph), Alfa Romeo 33 Stradale pun diklaim mampu menempuh 0-60 mph dalam 5,5 detik saja!

Dengan hanya 18 unit Alfa Romeo Tipo 33 Stradale yang diproduksi, sportscar klasik ini sepertinya hampir tak pernah diperdagangkan, sehingga nilai mereka pun sangat sulit untuk diperkirakan. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)