Klasik dan Langka: DeTomaso Deauville 1971

Klasik dan Langka: DeTomaso Deauville 1971

Pada saat DeTomaso Pantera diperkenalkan pada tahun 1971, perusahaan DeTomaso Automobili sudah mengambil langkah untuk menyempurnakan lini modelnya. Rumah desain Ghia kala itu dipilih untuk merancang dan menyediakan konstruksi bodi dua mobil baru DeTomaso, yaitu sedan Deauville 4-pintu dan coupe Longchamp 2-pintu.

Desainer Tom Tjaarda dari Ghia dipilih sebagai lead stylist untuk kedua model tersebut. DeTomaso Deauville dirancang untuk memberikan transportasi mewah berperforma tinggi untuk empat penumpang. Tjaarda mengembangkan desain bodi yang gagah namun stylish, elegan dari sudut manapun, dan mempertahankan konsep grille berbentuk trapesium terbalik seperti yang pertama kali terlihat pada DeTomaso Mangusta.

Klasik dan Langka: DeTomaso Deauville 1971

Sasis Deauville yang mengadopsi sistem full-monocoque, dipadu dengan suspensi independen, sistem rem cakram belakang serta dual coil-over shock absorber. Dilengkapi dengan tangki bahan bakar kembar dan pompa bahan bakar ganda, Deauville juga memiliki saklar pada dasbor yang memudahkan pengemudi untuk memilih tangki mana yang akan digunakan.

Klasik dan Langka: DeTomaso Deauville 1971

DeTomaso Deauville pertama diperkenalkan pada publik pada Turin Motor Show 1970, dan mulai diproduksi pada tahun 1971. Deauville mengusung mesin V8 Ford Cleveland berkapasitas 5.763 cc berdimensi 351 kubik inci, yang mampu menghasilkan 330 tenaga kuda yang disalurkan ke penggerak roda belakang melalui transmisi Ford C6 3-speed automatic. Deauville juga mampu dipacu hingga 230 km per jam (143 mph), dan diklaim dapat berakselerasi dari 0-60 mph dalam 6.4 detik saja.

Klasik dan Langka: DeTomaso Deauville 1971

Deauville banyak dikenal tak hanya karena performa tingginya saat dikendarai, namun juga karena kenyamanan interiornya yang eksklusif. Joknya yang nyaman namun tetap aman ditawarkan dalam berbagai pilihan kulit dan kombinasi kulit/kain. Trim dan panel pintu dihiasi panel kayu, dipadukan dengan instrumen kontrol yang ditata elegan, AC, power window, power steering hingga tilt steering yang kesemuanya merupakan standar pabrikan.

Klasik dan Langka: DeTomaso Deauville 1971

Konsol tengah Deauville juga diperpanjang ke bagian belakang, guna menyediakan penghangat maupun pendingin udara bagi penumpang di belakang. Total hanya sekitar 244 unit DeTomaso Deauville yang diproduksi, sehingga membuatnya menjadi mobil produksi DeTomaso terlangka (setelah Vallelunga), sekaligus menjadi satu-satunya model sedan 4-pintu yang diproduksi oleh DeTomaso Automobili. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)