Klasik dan Langka: Maserati Khamsin 1974

Klasik dan Langka: Maserati Khamsin 1974

Maserati Khamsin (Tipo 120) adalah sebuah sportscar klasik yang awalnya diperkenalkan sebagai prototipe dari rumah desain Bertone pada musim gugur tahun 1972 di Turin Auto Show. Mobil sport ini dinamai Khamsin, karena terinspirasi dari badai pasir yang kencang dan ganas di gurun Mesir.

Pada tahun 1973, konsep Khamsin kemudian diperkenalkan pula di Paris Motor Show, dengan Maserati sebagai pabrikannya. Maserati Khamsin mendapat sambutan yang cukup antusias dari kalangan penggemar mobil sport kala itu.

Klasik dan Langka: Maserati Khamsin 1974

Produksi Maserati Khamsin dimulai pada tahun 1974, dengan mengusung mesin depan V8 berkapasitas 4.9 liter yang mampu menyemburkan tenaga 320 hp. Khamsin juga mampu meraih akselerasi dari 0-60 mph dalam waktu 6,5 detik, dengan top speed mencapai 156 mph atau 251 km/jam!

Bodywork Khamsin sendiri tampak menyerupai desain Maserati Ghibli yang datar dan rendah, yang rancangannya juga dikerjakan oleh rumah desain Bertone. Maserati Khamsin juga memiliki fitur seperti kursi hidrolik dan kolom kemudi yang bisa disetel, yang menjadi fitur inovatif pada pertengahan ’70-an. Pendingin udara juga merupakan fitur standar pada Khamsin.

Selain itu, Maserati Khamsin pun memiliki beberapa fitur yang tidak biasa, seperti DIRAVI Power Steering, dipadukan dengan teknologi yang membantu pengemudi untuk memundurkan mobil, melalui panel kaca belakang yang terletak diantara kedua lampu belakang. Ini memberikan visibilitas terbaik yang melebihi kebanyakan mobil sport yang beredar di masa itu.

Klasik dan Langka: Maserati Khamsin 1974

Setelah 8 tahun, produksi Maserati Khamsin dihentikan pada tahun 1982, dengan total hanya 430 unit yang diproduksi. Salah satu dari unit tersebut dikirim ke Luciano Benetton pada tahun 1981, dan 155 unit diekspor ke Amerika Serikat. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)