Sang Pemanjat Gunung

Sang Pemanjat Gunung

Sudah berusia lebih dari 70 tahun nyatanya tidak membuat Mercedes-Benz Unimog ingin segera pensiun. Sebaliknya, melewati masa tujuh dekade justru membuat Unimog semakin serbaguna dan menawarkan segudang kapabilitas yang sulit ditandingi oleh kendaraan sejenis lainnya yang  lebih muda. Jangan heran kalau  Unimog yang kenyang dengan tugas sulit atau mudah sejak tahun 1947 nyaris tidak bisa tergantikan oleh produk lain. Sebagai contoh, sebuah tim ekspedisi yang beranggotakan  10 orang dan dipimpin oleh Matthias Jeschke mengandalkan sepasang Unimog U 5023 untuk mencapai salah satu gunung berapi aktif yang tertinggi di dunia, Ojos de Salado di Chile, Amerika Selatan.  Tim tersebut bertugas memasang empat unit peralatan radio komunikasi untuk keperluan darurat pada berbagai posisi dengan beragam ketinggian. Nantinya, jaringan komunikasi tersebut dapat membantu tim SAR jika terjadi kondisi darurat yang melibatkan para pendaki gunung dan para ilmuwan yang melakukan riset di kawasan sekitar gunung tersebut. Gunung Ojos de Salado memiliki ketinggian  6.893 meter di atas permukaan laut dan saat ini berstatus gunung berapi aktif yang tertinggi di dunia. Berada di wilayah Atacama yang menjadi salah satu gurun paling kering di dunia, gunung Ojos de Salado termasuk dalam cincin api Pasifik (Pacific Ring of Fire).

Sang Pemanjat Gunung

Awalnya, Matthias Jeschke dan tim ekspedisinya memakai dua unit Unimog U 5023 untuk membawa empat unit radio dan memasangnya di posko  Amistad yang terletak di ketinggian  6.100 meter dpl (di atas permukaan laut). Selanjutnya, Matthias Jeschke dan tim ekspedisinya melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Ojos de Salado dan akhirnya satu dari  dua Unimog U 5023 mampu mencapai ketinggian  6.694 meter dpl. Inilah rekor pendakian tertinggi yang mampu dicapai oleh kendaraan bermotor.

Sang Pemanjat Gunung

Mengingat kondisi medan off road yang sangat ekstrem, Matthias Jeschke dan tim ekspedisinya bekerja sama dengan Mercedes-Benz Special Trucks untuk menyiapkan dua  unit Unimog U 5023 generasi terbaru yang kemudian dimodifikasi lebih lanjut agar mampu beroperasi optimal di wilayah dataran tinggi yang minim oksigen dan  berlapis salju tebal. Proses modifikasi melibatkan para spesialis Mercedes-Benz Special Trucks, Unimog Museum, Unimog bodybuilder AS Söder dan tim pengembangan produk  Unimog. Mereka memasang ban salju versi spesial, winch elektrik performa tinggi, bodi khusus dengan keseimbangan titik berat yang fleksibel dan beberapa modifikasi lainnya. This “UNIversal-MOtor-Gerät” is the real deal…

KOMENTAR (0)