Alasan Kenapa Beban Pajak Kendaraan Bisa Berubah

Alasan Kenapa Beban Pajak Kendaraan Bisa Berubah

Bagi pemilik kendaraan bermotor, kewajiban membayar pajak setiap tahun jangan sampai diabaikan. Sebab akan ada denda yang menanti jika telat dalam membayar pajak . Beban pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan telah melalui penyesuaian dan rumus perhitungannya tersendiri. Tapi mungkin masih banyak yang belum menyadari bahwa besaran pajak kendaraan bisa berubah tiap tahunnya. Apalagi untuk kendaraan bekas.

Herlina Ayu, Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa kemungkinan perubahan besaran pajak bisa terjadi karena dipengaruhi nilai jual kendaraan bermotor (NJKB). “Bisa (berubah) karena pajak disesuaikan dengan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB), dan harga jual ini akan dievaluasi setiap tahunnya,” kata Herlina menjelaskan.

Alasan Kenapa Beban Pajak Kendaraan Bisa Berubah

Ia menambahkan, hasil evaluasi NJKB tersebut nantinya ditetapkan melalui Pergub daerah terkait. Data yang digunakan juga berasal dari stakeholder terkait, salah satunya adalah agen pemegang merk (APM). “Kalau tarif pajak sesuai dengan Pergub yang ada, tapi kalau besarannya tetap mengikuti kan ada tahunnya. Salah satu penentu harga adalah asosiasi dari APM,” tuturnya.

Tarif pajak yang dimaksud adalah besaran pajak progresif sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pajak Kendaraan Bermotor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa tarif pajak progresif berlaku bagi pemilik kendaraan atas nama dan alamat yang sama untuk satu jenis kendaraan. “Sesuai dengan peraturan itu pajak progresif untuk kendaraan kedua adalah kelipatan 0,5 persen dari kendaraan pertama sebesar 2 persen,” ujarnya.

Alasan Kenapa Beban Pajak Kendaraan Bisa Berubah

Pada kesempatan yang berbeda, Gamal Suwantoro, Kabid Anggaran Pendapatan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset DIY juga mengatakan hal yang serupa. Perubahan nominal pajak kendaraan bisa terjadi setiap tahunnya. Gamal pun memastikan bahwa perubahan besaran pajak kendaraan tersebut tidak akan naik atau jadi lebih mahal dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Iya bisa berubah, tetapi tidak akan naik dari sebelumnya. Apalagi kalau untuk kendaraan lama pasti akan lebih murah atau turun,” ucapnya.

KOMENTAR (0)