All New Honda Civic Type R Kembali Cetak Rekor Tercepat di Nürburgring

All New Honda Civic Type R Kembali Cetak Rekor Tercepat di Nürburgring

All New Honda Civic Type R kembali memecahkan rekor tercepat untuk kategori mobil Front-Wheel Drive (penggerak roda depan) di kelas hot hatch yang pernah dilakukan di Sirkuit Nürburgring Nordschleife, Jerman. Dengan waktu 07 menit 43,80 detik, All New Civic Type R mencatat waktu lebih cepat 3 (tiga) detik dibandingkan pemegang rekor sebelumnya.

Pengujian yang dilakukan Honda tersebut menggunakan mobil standar yang sesuai spesifikasi pada versi mobil produksi massal, dengan beberapa modifikasi sesuai standar keselamatan balap. Sirkuit Nürburgring Nordschleife, yang terletak di kota Nürburg, Negara Bagian Rhineland-Palatinate, Jerman sendiri mempunyai panjang 20.8 kilometer dan merupakan sirkuit balap terpanjang serta paling menantang di dunia, yang masih aktif digunakan sejak tahun 1927 hingga sekarang.

All New Honda Civic Type R Kembali Cetak Rekor Tercepat di Nürburgring

Menurut Ryuichi Kijima, Chassis Engineer All New Honda Civic Type R (FK8), model ini mempunyai bobot 16 kilogram lebih ringan dibandingkan pendahulunya, sehingga mampu menghasilkan respon yang lebih baik pada bagian setir serta memberikan stabilitas kendaraan ketika melibas tikungan.

“Penggunaan suspensi New Multi-Link Rear Suspension juga memberikan stabilitas yang lebih baik saat pengereman, serta mengurangi gejala ‘body roll‘. Hal ini memungkinan untuk melakukan ‘late braking‘ ketika mobil memasuki sudut tikungan serta menghasilkan ‘cornering speed‘ yang lebih baik,” jelas Kijima dalam rilis yang diterima Otoblitzclassic, Rabu (26/4).

All New Honda Civic Type R Kembali Cetak Rekor Tercepat di Nürburgring

All New Honda Civic Type R (FK8) tampil agresif dengan desain ekstrim All New Honda Civic Type R terlihat mulai dari penggunaan Sporty Front Grill, Sporty Front & Rear Bumper, Sporty & Rear Lower Bumper, Sporty Bonnet, Front & Rear Fenders serta Sporty Alloy Wheel. Untuk sistem pengeremannya, All New Honda Civic Type R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

All New Honda Civic Type R dibekali mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 320 PS serta torsi maksimum sebesar 400 Nm. All New Honda Civic Type R akan menggunakan transmisi manual enam percepatan manual, serta menampilkan fitur baru berupa tombol ‘+R’ yang memberikan sensasi berkendara ekstrim pada pengemudi.

All New Honda Civic Type R Kembali Cetak Rekor Tercepat di Nürburgring

All New Honda Civic Type R (FK8) akan mulai memasuki tahap produksi massal pada musim panas tahun 2017 ini di Pabrik Honda di Swindon, Inggris. All New Honda Civic Type R (FK8) nantinya akan mulai dijual terlebih dahulu di benua Eropa dan setelah itu diekspor ke berbagai kawasan lainnya seperti Amerika Serikat dan Asia termasuk Jepang. **MS/ Foto-foto: Dok.

TAGS

KOMENTAR (0)