All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) akan meluncurkan SUV andalan terbarunya, All-New Mazda CX-5, di ajang pameran otomotif tahunan GIIAS 2017, pada 10-20 Agustus mendatang. Sebelum meluncurkan All-New CX-5 kepada masyarakat luas, PT EMI terlebih dahulu memberi kesempatan kepada awak media otomotif nasional untuk merasakan ketangguhan SUV terbaru ini.

Mengambil rute dari Malang hingga Bali, total sekitar 520 km perjalanan harus ditempuh untuk melakukan test-drive. Ada 8 unit mobil yang diboyong, dengan 4 varian GT dan 4 varian Elite.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

Mazda CX-5 pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, menjadi generasi Mazda CX-5 pertama yang didesain dengan KODO–Soul of Motion dan menggunakan teknologi SKYACTIV. SUV ini dikenal memiliki desain dinamis, pengendaraan yang responsif dan keramahan lingkungan serta jaminan keselamatan yang optimal. Secara global, CX-5 berkontribusi hingga 25 persen dari total penjualan tahunan Mazda dan hingga generasi ke-2 diluncurkan tahun 2016 lalu, 1,4 juta unit CX-5 telah terjual di 120 negara di dunia. Di Indonesia, penjualan CX-5 generasi pertama mencapai 11.397 unit sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2012.

Tampilan eksterior All-New Mazda CX-5 masih mengadopsi konsep desain KODO–Soul of Motion untuk menunjukkan tampilan yang emosional dan sosok yang bertenaga. Garis desainnya kini lebih berani dengan fokus untuk menghasilkan ekspresi sebuah gerakan dinamis dari ujung depan hingga kebelakang yang menunjukkan kelincahannya berakselerasi dan kecepatan.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

Titik berat gravitasi yang lebih rendah 10 mm, jarak pijak bagian depan dan belakang yang lebih lebar menjadikan tampilan All-New CX-5 tampak semakin kokoh, sekaligus dapat meningkatkan pengendaliannya. Pilar-A kini juga dimundurkan sebanyak 35 mm dibandingkan model sebelumnya guna memberikan visibilitas pengendaraan yang lebih baik. Gambaran pergerakan yang lincah dan bertenaga ditampilkan melalui garis desain tegas yang mengalir dari depan hingga bagian belakang.

Di bagian depan, tampilan khas keluarga Mazda juga ditampilkan dengan grille yang berukuran besar dan lebar lengkap dengan ciri khas garis berbentuk sayap (signature wing). Lampu depan lebih ramping dan diletakkan lebih rendah semakin menguatkan sosoknya yang kini tampil makin sporty. Balutan warna terbaru Soul Red Crystal dan Machine Grey semakin menguatkan daya tarik All-New Mazda CX-5 dengan impresi yang kuat akan energi yang seakan tak pernah habis disuguhkan kemampuannya.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

Disisi interior, Mazda merancang desain kabin All-New CX-5 dengan tujuan menghasilkan kabin yang memberikan suasana menyenangkan dan memastikan kenyamanan semua penumpangnya. Selanjutnya, tim desainer Mazda bekerja untuk memastikan desain interiornya sempurna untuk tetap menghasilkan karakter SUV yang tangguh dan berkualitas dengan perhatian pada kebutuhan manusia di setiap detailnya.

Fitur Active Driving Display (heads-up display) beresolusi tinggi dan berwarna, yang memproyeksikan informasi tentang kecepatan mobil langsung ke kaca depan bagian bawah pengemudi, memungkinkan pengemudi tetap fokus pada kondisi jalan atau dalam kecepatan tinggi, juga memberikan cita rasa pengandaraan mobil papan atas.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

Di bagian depan, kokpit dirancang untuk memberikan posisi mengemudi yang ideal, dengan posisi tombol-tombol dan tuas yang dapat diraih dan dioperasikan oleh pengemudi secara natural. Posisi konsol kini lebih tinggi, termasuk posisi tuas transmisi yang kini 60 mm (otomatis) atau 40 mm (manual) lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya untuk mempermudah pengoperasian.

Posisi pilar-A yang dimundurkan memberikan pandangan mengemudi yang lebih luas ke kiri dan kanan. Garis bahu yang lebih rendah juga memberikan kontribusi keleluasaan pandangan ke seputar mobil. Tempat duduk depan mendapat desain dan material baru untuk memberikan kenyamanan saat mengemudi, sekaligus memberikan dukungan yang kokoh saat berkendara.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

All-New CX-5 juga menjadi produk Mazda pertama yang mengadopsi kursi belakang dengan mekanisme reclining dua-tingkat untuk meningkatkan kenyamanan penumpang belakang. Tempat duduk belakang mendapatkan dudukan baru berkontur tiga dimensi yang akan mengikuti bentuk tubuh bagian bawah penumpang yang secara signifikan dapat meningkatkan kenyamanan.

Kepraktisan bagasi CX-5 juga tetap dipertahankan dengan kapasitas bagasi yang bertambah menjadi 505 liter dari model sebelumnya (500 liter). Proses buka tutup bagasi belakang pun sekarang menjadi lebih mudah dan modern dengan hadirnya Power Lift Gate otomatis dengan fungsi anti-jam, untuk lebih meningkatkan unsur keselamatan dari kemungkinan terjepit pintu.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

Di bagian panel instrumen, layar Multi-Information Display (MID) kini menggunakan layar LCD berukuran 4.6-inci TFT beresolusi tinggi. Selain itu, fitur Active Driving Display (heads-up display) yang kini berwarna (colour) dapat memproyeksikan informasi kecepatan ke kaca depan, memungkinkan pengemudi fokus pada kondisi jalan dalam kecepatan tinggi. Sementara layar informasi utama berukuran 7 inci di bagian tengah kini berpindah ke bagian atas dashboard untuk meminimalisasi pergerakan mata yang harus dilakukan pengemudi.

Untuk sistem audio, All-New CX-5 dilengkapi dengan 10 buah speaker premium lansiran Bose® yang dikembangkan bersama-sama dengan Mazda, termasuk AudioPilot™2 ambient noise compensation dan Centerpoint®2 surround sound system. CX-5 juga dilengkapi dengan MZD Connect untuk mempermudah konektivitas dengan ponsel pintar atau gawai lainnya.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

Selain itu, Mazda merancang All-New CX-5 dengan pengendaraan yang memiliki rasa yang menyatu antara mobil dengan sang pengendara (Jinba Ittai). Bahkan kini, aspek performa yang ditawarkan CX-5 telah disempurnakan untuk dapat dirasakan tak hanya oleh pengemudinya saja, namun juga untuk siapapun yang turut serta di dalam mobil. Jantung pacu, pengendalian, kenyamanan berkendara, dan kesenyapan dikombinasikan dengan sempurna untuk tetap dapat mengantarkan performa yang menyenangkan, sekaligus kenyamanan bagi seluruh penumpang.

Di balik kap mesinnya, mesin bensin SKYACTIV-G 2.5, dengan transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV-DRIVE. Mesin SKYACTIV-G 2.5 berkapasitas 2.5-liter menghasilkan tenaga puncak hingga 187 hp dan torsi 250 Nm. Kenyamanan berkendara juga didukung oleh teknologi SKYACTIV-CHASSIS dengan penggunaan suspensi MacPherson di bagian depan dan multi-link di belakang yang telah disempurnakan untuk memberikan kenyamanan lebih baik.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

Sementara untuk bodinya, peningkatan 15,5% tingkat kekakuan torsional-nya menjadikan CX-5 terbaru ini dapat dikendarai lebih responsif. Penyempurnaan juga dilakukan untuk mengurangi tingkat kebisingan, dimana jika dibandingkan dengan model sebelumnya, All-New CX-5 menawarkan 10% kabin yang lebih senyap saat berkendara di kecepatan 100 km/jam.

Untuk fitur keselamatannya, keyakinan dan jaminan keselamatan saat mengendarai All-New Mazda CX-5 diberikan oleh Mazda Proactive Safety, yang merupakan filosofi keselamatan milik Mazda untuk memaksimalkan kondisi dimana pengemudi dapat mengendarai mobil secara aman dan dengan kepercayaan diri yang tinggi.

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

All-New CX-5 menyandang fitur-fitur keselamatan yang selama ini melengkapi mobil-mobil keluaran Mazda terkini, antara lain ALH (Adaptive LED Headlamps), BSM (Blind Spot Monitoring) + RCTA (Rear Cross Traffic Alert), LDWS (Lane Departure Warning System), SCBS-Forward (Smart City Brake Support-Forward) hingga DAA (Driver Attention Alert).

Bahkan, untuk fitur SCBS telah disempurnakan menjadi Advanced SCBS yang tak hanya dapat mendeteksi kendaraan di depan, namun juga pejalan kaki dan halangan lainnya. **MS/ Foto-foto: Rizky Darmawan for Motor Trend Indonesia

All-New Mazda CX-5, Hadirkan Dimensi Baru Kesenangan Berkendara

Spesifikasi Umum All-New Mazda CX-5

Tipe Bodi: SUV

Kapasitas Penumpang: 5 penumpang

Dimensi (p x l x t): 4.550 x 1.840 x 1.690 mm

Jarak Sumbu Roda: 2.700 mm

Mesin: SKYACTIV-G 2.5

Transmisi: 6-speed SKYACTIV-DRIVE

Suspensi Depan: MacPherson Struts

Suspensi Belakang: Multi-link

Kemudi: Rack & Pinion

Rem (depan/belakang): Cakram berventilasi/Cakram

Ban: P225/55 R19

Warna pilihan: Soul Red Crystal (baru), Machine Grey (baru), Jet Black Mica, Snowflake White Pearl, Sonic Silver, Meteor Grey.

TAGS

KOMENTAR (0)