Bersama Fiat Tipo, Jurnalis Ini Keliling Dunia dalam 133 Hari

 

Ingin membuktikan keandalan generasi terbaru Tipo, Fiat mendaulat seorang wartawan otomotif asal Turki untuk mengemudikan sedan kompak ini berkeliling dunia, selama lebih dari 4 bulan.

Sang wartawan, Okan Altan, berangkat dari pabrik Fiat di Tofas, Bursa, pada 13 Agustus tahun lalu, mengemudikan Fiat Tipo versi standar mengitari daratan Eropa sebagai tahap pertamanya. Perjalanan di Eropa ini meliputi Yunani, Bulgaria, Rumania dan Ukraina, sebelum memasuki Rusia.

Setelah menyelesaikan perjalanan menempuh jalur Trans-Siberia yang menantang selama 8 hari, Altan dan Fiat Tipo-nya kemudian melanjutkan perjalanan ke Jepang. Setelah mengunjungi beberapa kota di ‘Negeri Matahari Terbit’, mereka mencapai Yokohama untuk kemudian menaiki sebuah kapal menuju Meksiko.

Sayangnya, 11 hari setelah kedatangannya di Meksiko, Altan bersama Fiat Tipo-nya dilarang memasuki Amerika Serikat karena kesalahan birokrasi ?well, mungkin terkait kebijakan presiden baru mereka? Who knows.

Namun, hal tersebut tak menyurutkan semangat Altan untuk melanjutkan petualangannya. Perjalanan kemudian berlanjut ke Samudera Atlantik, menumpang sebuah kapal selama 40 hari menuju pantai barat Inggris. Kemudian, sesampainya disana, merekapun melanjutkan perjalanan darat untuk tahap akhir dengan melintasi 14 negara Eropa, termasuk Belanda, Jerman, Perancis, Swiss, Austria dan Italia, sebelum memasuki Turki lagi.

Perjalanan keliling dunia yang dilakukan Okan Altan bersama Fiat Tipo ini sukses melintasi 22 negara dan 122 kota di berbagai penjuru dunia, dengan memakan waktu lebih dari 133 hari, dan mencakup jarak lebih dari 41.000 km (25.476 mil).

Fiat Tipo generasi baru yang dikendarai Altan merupakan versi standar yang tak dipersiapkan khusus untuk perjalanan ini, dan satu-satunya servis yang dibutuhkan didalam perjalanan hanyalah pengecekan kendaraan rutin, selain penggantian dua buah ban karena pecah saat di perjalanan. **MS/ Foto-foto: Okan Altan/ Carscoops

TAGS

KOMENTAR (0)