Budi Luhur Pamerkan Mobil Listrik Neo Blits di IIMS 2019

Budi Luhur Pamerkan Mobil Listrik Neo Blits di IIMS 2019

Mobil listrik Blits telah sukes menjalani pengujian Jelajah Sumatera dari Jakarta-Sabang dengan menempuh jarak 3.333 km. Mobil listrik ini hasil kerjasama Universitas Budi Luhur (UBL) dan ITS Surabaya dan kali ini UBL mengembangkan Neo Blits.

Pengembangan Neo Blits ini dilakukan oleh Pusat Studi Mobil Listrik Universitas Budi Luhur dan diklaim lebih baik dari versi sebelumnya, Blits. Rencananya Neo Blits akan diuji coba di arena Speed Offroad dengan kemampuan yang mumpuni, baik itu baterai, motor listrik, perangkat safety, dan bodi tubular. Saat ini Neo Blits tampil di Indonesia International  Motor Show (IIMS) 2019.

Budi Luhur Pamerkan Mobil Listrik Neo Blits di IIMS 2019

Ir Sujono MT selaku Ketua Pusat Studi Mobil Listrik Universitas Budi Luhur menjelaskan bahwa pengembangan mobil listrik ini mendapat dukungan penuh dari Ketua Badan Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro dan Rektor Universitas Budi Luhur.

Pusat Studi Mobil Listrik Universitas Budi Luhur konsisten untuk mengembangkan mobil listrik yang dikerjakan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur, dan siap bekerjasama dengan berbagai pihak terkait mobil listrik.  Selain itu Pusat Studi Mobil Listrik Universitas Budi Luhur akan mengejar mimpinya untuk mengikuti reli paling ganas di dunia yaitu Rally Dakar menggunakan mobil listrik.

Ir. Sujono MT selaku Ketua Pusat Studi Mobil Listrik Universitas Budi Luhur menambahkan, untuk project selanjutnya untuk mobil listrik yang akan digunakan berlaga di kejuaraan speed off road di Indonesia 2020 mendatang, akan dibuat dengan spesifikasi tinggi, yakni motor induksi memiliki tenaga hingga 200 horse power.Untuk proyek ini, pihak kampus menggandeng pembalap berpotensi Julian Johan untuk berkolaborasi.

Budi Luhur Pamerkan Mobil Listrik Neo Blits di IIMS 2019

“Sisi kontruksi hingga bagian kaki akan menjadi bagian saya dan tim balap saya, sementara urusan yang berhubungan dengan riset kelistrikan akan menjadi bagian Universitas Budi Luhur. Kami akan melakukan kolaborasi, seluruh bagian akan dikerjakan oleh mereka yang telah berpengalaman dibidangnya. Untuk saat ini masih ada proses besar sebelum bisa digunakan atau layak mengikuti ajang balap,” tambah Jeje sapaan akrab Julian saat konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat (28/4).

Budi Luhur Pamerkan Mobil Listrik Neo Blits di IIMS 2019

Spesifikasi Teknis Neo Blits

Motor Penggerak:

Motor DC Seri
48 Volt – 72 Volt
30 Hp (with 450 Ampere controller)

Baterai:
Li – ion
72 Volt (nominal) s/d 82 Volt (Fully Charged)
1036 Ampere
74,6 kWh

Rangka:

Independent Front and Rear Suspension
Tubular Chasis
Custom Fiber

Bagi Anda yang penasaran dengan unit mobil listrik Neo Blits, langsung datang ke Telkomsel IIMS 2019 25 April -5 Mei 2019 di outdoor JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

 

 

 

KOMENTAR (0)