Cara Aman Bersihkan Kabin Mobil saat Pandemi Virus Corona

Cara Aman Bersihkan Kabin Mobil saat Pandemi Virus Corona

Dalam pandemi global seperti situasi virus Covid-19 saat ini, mobil diibaratkan seperti sarang kuman. Semua bakteri hingga virus dari semua tempat di dunia luar akan terbawa masuk ke dalam kabin mobil Anda, sehingga perlu langkah pembersihan secara tepat untuk menghindari dari virus Covid-19.

Cairan disinfektan yang punya kemampuan membasmi bakteri dan virus sedang diburu masyarakat pada masa wabah virus Covid-19. Dimana cairan ini diperuntukan untuk membersihkan banyak hal, termasuk sebagai cairan pembersih kabin mobil. Pada umumnya cairan disinfektan mengandung alkohol yang memiliki PH tinggi dan berbahaya untuk lapisan interior mobil, dimana material interior mobil pada umumnya terbuat dari bahan seperti kain, plastik, vinil, dan kulit yang dapat cepat terkikis oleh kandungan alkohol yang terdapat pada disinfektan. Karena itu penggunaan cairan disinfektan sangat tidak disarankan jika ingin menjaga lapisan interior mobil Anda tetap dalam kondisi baik.

Melansir dari portal media online WapCar, cara terbaik untuk membersihkan komponen mobil yaitu dengan menggunakan cairan yang memang diperuntukan untuk komponen tersebut. Misal membersihkan dasbor menggunakan cairan pembersih untuk dasbor, namun jika Anda tidak memiliki cairan khusus. Terdapat cairan pembersih yang direkomendasikan untuk membersihkan kabin mobil dengan PH yang aman, yaitu dengan menggunakan sabun bayi, dilansir dari portal media online nasional.

Cara Aman Bersihkan Kabin Mobil saat Pandemi Virus Corona

Penelitian telah mengungkap virus seperti SARS-CoV2 dapat dibasmi menggunakan campuran air dan sabun. Cara menggunakan sabun bayi untuk membersihkan interior mobil adalah dengan mencampur sabun ke air hangat kemudian dimasukkan ke dalam botol semprot. Selain itu siapkan juga lap dengan serat lembut seperti kain microfiber untuk membersihkan permukaan interior mobil. Dianjurkan agar tidak mencampurkan terlalu banyak sabun karena dapat membuat lengket pada permukaan interior yang dibersihkan.

Semprotkan cairan sabun dan usap area interior mobil yang sering disentuh seperti setir, knop AC, tuas transmisi, dasbor, tombol audio, hingga handle pintu. Jika jok mobil berbahan kain sebaiknya untuk tidak menyemprotkan cairan sabun terlalu banyak karena akan lebih sulit dikeringkan. Jangan lupa gunakan vacuum cleaner untuk menjangkau sela-sela kabin dan jok kain.

 

KOMENTAR (0)