Cara Mudah dan Efektif Merawat Mesin Turbo DFSK

Cara Mudah dan Efektif Merawat Mesin Turbo DFSK

Di era modern sekarang ini, penggunaan teknologi mesin turbo menjadi hal yang cukup umum untuk mendapatkan performa yang kuat namun tetap mengedepankan efisiensi bahan bakar. DFSK sebagai produsen otomotif terkemuka sudah menggunakan teknologi mesin turbo di hampir seluruh lini kendaraan penumpang yang ditawarkan untuk konsumen di Indonesia. Konsumen juga tidak perlu khawatir dalam melakukan perawatan kendaraan bermesin turbo karena sangat mudah dan bahkan bisa diaplikasikan sehari-hari.

Sistem kerja komponen turbo adalah dengan memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin, sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak. Udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin yang dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan, namun juga mobil jadi tetap irit bahan bakar.

Cara Mudah dan Efektif Merawat Mesin Turbo DFSK

DFSK sudah merancang mesin turbo yang mereka tawarkan saat ini memiliki tenaga yang bertenaga, efisiensi bahan bakar yang tinggi, memiliki daya tahan yang kuat, serta perawatan yang mudah. Seluruh aspek ini sudah diperhitungkan oleh para insinyur DFSK agar konsumen bisa mendapatkan pengalaman perjalanan dan memiliki kendaraan DFSK yang menyenangkan.

Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile mengatakan, mesin turbo yang digunakan oleh kendaraan-kendaraan DFSK sudah dirancang dengan sedemikian rupa memanjakan pengendaranya dengan menghadirkan pengalaman yang sangat menyenangkan, mulai dari tenaga yang berlimpah sampai dengan perawatannya yang mudah.

Cara Mudah dan Efektif Merawat Mesin Turbo DFSK

“Aspek kemudahan dalam perawatan tentu tidak kami abaikan karena semakin mudah mesin ini untuk dirawat maka akan semakin mudah konsumen bisa mendapatkan performa yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar yang tinggi untuk didapatkan di setiap perjalanan hari-hari,” ungkap Rofiqi.

Dirinya menyebutkan, konsumen cukup memperhatikan tiga hal saja untuk melakukan perawatan mesin turbo agar tetap bekerja secara optimal, yaitu:

Cara Mudah dan Efektif Merawat Mesin Turbo DFSK

1. Periksa dan Ganti Oli Mesin Teratur

Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi vital, mulai dari melindungi mesin dari keausan akibat gesekan komponen di dalamnya, membantu menjaga suhu mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada. Konsumen bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya melalui dipstick yang biasanya ada di mesin.

Apabila volume oli sudah berkurang atau kondisinya sudah keruh, bisa datang ke bengkel resmi DFSK untuk melakukan pergantian oli mesin. Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat.

Cara Mudah dan Efektif Merawat Mesin Turbo DFSK

2. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Perawatan yang paling sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan RON minimal 9

2Penggunaan  bensin yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan akan membantu sistem pembakaran bekerja sempurna. Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil akan lebih meningkat dan lebih irit bahan bakar.

Cara Mudah dan Efektif Merawat Mesin Turbo DFSK

3. Rutin Membersihkan Filter Udara

Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Sehingga pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor maka maka fungsi turbo ini akan menjadi tidak maksimal.

Apabila konsumen ingin perawatan yang lebih menyeluruh dan lengkap, maka silakan datang ke bengkel resmi DFSK yang tersebar di seluruh Indonesia. Bengkel resmi DFSK siap menerima perawatan berkala dan perbaikan kendaraan yang dilakukan oleh mekanik-mekanik yang sudah tersertifikasi, perawatan yang lengkap dan modern, jaminan suku cadang asli, dan garansi yang dipastikan tetap terjaga.

KOMENTAR (0)