Dubai RTA Pesan 373 Unit Bus Volvo Senilai US$129 Juta

Dubai RTA Pesan 373 Unit Bus Volvo Senilai US$129 Juta
Arah pertumbuhan segmen bus sebagai moda transportasi yang kian pesat di pasar global saat ini nampaknya mulai merambah ke kawasan Timur Tengah. Salah satunya adalah Uni Emirat Arab, khususnya Dubai.

Otoritas Jalan dan Transportasi Dubai (RTA) sejak beberapa tahun lalu mulai melakukan peningkatan sarana transportasi umum khususnya bus dengan tujuan untuk menjadikan bus sebagai sarana mobilitas utama di Dubai.

Sebagai kelanjutan dari pemesanan 143 unit bus Volvo type B11R pada Mei 2018 lalu, Dubai RTA (Roads and Transport Authority) kembali memesan 373 unit bus Volvo bertype B8RLE.

Dubai RTA Pesan 373 Unit Bus Volvo Senilai US$129 Juta

Importir lokal Famco Al Futtaim Auto & Machinery Co (Famco) kembali dipercaya untuk memasok bus tersebut kepada Dubai RTA dengan kontrak senilai Dh 474 juta atau sekitar US$ 129 juta.

Kontrak tersebut termasuk meliputi pemeliharaan, perawatan serta suku cadang seperti ban dan baterai selama 10 tahun. Pengiriman bus dijadwalkan akan dilakukan pada Q3 2019 hingga Q2 2020.

Bus bertype B8RLE dengan kapasitas 74 penumpang tersebut telah berstandard emisi Euro VI. Bus ini akan menggunakan bodi model SB3 buatan Sunsundegui, perusahaan karoseri yang bermarkas di Spanyol.

Bus ini dilengkapi sistem monitoring perilaku pengemudi yang diberi nama Raqeeb, serta dilengkapi sistem penghitung penumpang otomatis yang diberi nama Rasid yang terintegrasi dengan sistem pembayaran tarif bus otomatis.

Saat bus pesanan terbaru tersebut tiba, RTA Dubai nantinya akan mengoperasikan sekitar 571 unit armada bus Volvo. Pertumbuhan jumlah bus di Dubai diperkirakan mengalami peningkatan 30% pada tahun 2020 mendatang. [Aditya Hanindyo]

KOMENTAR (0)