Falken akan Jadi Ban Penghasil Energi Listrik

Falken akan Jadi Ban Penghasil Energi Listrik

Fungsi ban kini tak sekadar sebagai memberikan kenyamanan dan keselamatan terbaik ketika berkendara, namun di masa depan oleh Falken bisa memberikan juga sumber tenaga listrik.

Sumitomo Rubber Industries bersama Profesor Hiroshi Tani dari Kansai University, telah mengembangkan Energy Harvester yang memanfaatkan energi listrik statik yang dikenal dengan frictional charging, memproduksi tenaga secara efisien melalui putaran roda.

Di dalam Energy Harvester terdapat dua lapisan karet yang masing-masing terdapat elektroda melalui pengisian lapisan negatif dan berhadapan dengan pengisian positif.

Para engineering percaya bahwa Energy Harvester bisa digunakan sebagai aplikasi praktis sebagai sumber tenaga seperti sensor yang digunakan pada TPMS (Tire Pressure Monitoring System) dan peralatan otomotif lain tanpa menggunakan baterai.

Pengembangan ini sebagai bagian dari program yang dilakukan Sumitomo R&D untuk menghadirkan teknologi yang meningkatkan keselamatan dan ramah terhadap lingkungan. Penelitian ini telah dipilih oleh Japan Science and Technology Agency untuk type FS Seed Project di bawah A-STEP (Adaptable and Seamless Technology Transfer Program through Target-Driven R&D).

Adapun Sumitomo Rubber Industries kini meningkatkan penelitian dengan dukungan dari Japan Science and Technology Agency.

KOMENTAR (0)