Ferdinand Piech, Cucu Pendiri Porsche Tutup Usia

Ferdinand Piech, Cucu Pendiri Porsche Tutup Usia

Dunia otomotif saat ini berduka dengan meninggalnya penemu sistem gerak empat roda Quattro, Ferdinand Piech, merupakan cucu dari Ferdinand Porsche. Mendiang tutup umur di usia 82 tahun.

Piech dikenal sebagai pemicu Volkswagen menjadi produsen mobil terbesar dunia, bahkan menggandeng manufaktur bergengsi seperti Lamborghini, Bugatti dan Bentley.

Pria yang lahir di Vienna, Austria pada tahun 1937, merupakan lulusan Swiss Federal Institute of Technology di Zurich lulusan tahun 1962, menyandang mechanical engineering. Dikabarkan sempat terlibat pula dalam pengembangan mesin Formula 1.

Ferdinand Piech, Cucu Pendiri Porsche Tutup Usia

Tapi dirinya lebih jauh mengulik Porsche pada tahun 1963, bahkan terlibat dalam pengembangan mobil balap Porsche 917 dan menjadi pemenang di Le Mans 24 Hours tahun 1970.

Pengalamannya terus berlanjut ketika singgah ke Audi tahun 1972 dan mendapat kepercayaan sebagai kepala teknisi mesin tahun 1975. Mendapat tugas untuk pengembangan Audi 80 dan Audi 100 serta pengembangan World Rally Championship Group B, Audi Quattro, jadi Juara Dunia.

Ferdinand Piech, Cucu Pendiri Porsche Tutup Usia

Karirnya melesat hingga tahun 1993 duduk sebagai salah satu Presiden Direktur Volkswagen AG, tanggung jawabnya menghasilkan keuntungan. Saat itu isunya yang berkembang, perusahaan bermasalah dengan kualitas produk dan biaya tinggi serta tiga bulan lagi divonis bangkrut.

Kemampuan bisnis yang agresif dari Piech membuatnya segera mengambil keputusan antara Volkswagen dan Audi kemudian mengemas Skoda dan SEAT menjadi produk yang ekonomis. Kemudian menata Lamborghini, Bentley dan Bugatti serta menyiapkan modular platform yang hingga kini masih menjadi bagian strategi Volkswagen Group.

Saat usianya menyentuh 65 tahun dirinya dipaksa untuk pensiun, tapi tetap menjadi bagian supervisi untuk Volkswagen hingga akhirnya dirinya menyatakan sendiri pensiun tahun 2015. Sebagai penghormatan wafatnya Piech, bendera setengah tiang dikibarkan di markas Wolfsburg dan Dresden. [KCH]

KOMENTAR (0)