Fitur Elektroda Busi Tiarap, Apa Fungsinya?

Fitur Elektroda Busi Tiarap, Apa Fungsinya?

Salah satu komponen pengapian dalam kendaraan adalah busi. Perlu diketahui juga, bahwa busi ternyata memiliki ragam fitur sesuai kebutuhan kendaraan.

Contohnya adalah busi NGK Iridium dengan kode IX BR9ECMIX dan BR8ECM. Pada keduai busi tersebut, bagian elektroda ground-nya terlihat berbeda dari busi pada umumnya. Apabila biasanya elektroda ground berbentuk “J”, maka di busi ini tingkat sudut kemiringan elektroda ground-nya jauh lebih menunduk. Bahkan apabila diamati dari samping, elektroda pusatnya menjadi hampir tidak terlihat.

Fitur Elektroda Busi Tiarap, Apa Fungsinya?

“Penggunaan desain ‘tiarap’ tersebut tidak lepas dari peruntukan kendaraan busi ini, yaitu mesin motor 2tak dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail,” ungkap Yaumil Ichsan sebagai Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Lebih lanjut Ichsan mengatakan “Sifat mesin 2tak cenderung lebih panas, hal tersebut diakibatkan oleh siklus pembakaran campuran oli samping, bensin, & udara yang menyisakan deposit karbon di ruang bakar, sehingga temperatur busi menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan desain busi khusus seperti elektroda ground tiarap untuk mendinginkan busi agar tidak mudah meleleh.”

Fitur Elektroda Busi Tiarap, Apa Fungsinya?

Selanjutnya Ichsan menambahkan “Selain itu, dengan semakin pendek dimensi elektroda ground busi, maka akan semakin tinggi pula kemampuan busi tersebut pada saat memperoleh getaran & guncangan yang cukup hebat saat kendaraan tersebut digunakan di kondisi ekstrim seperti sirkuit balap maupun motocross, sehingga risiko elektroda busi patah bisa diminimalisir.

 

KOMENTAR (0)