Ford Mustang ‘Lithium’ Siap Getarkan SEMA Show 2019

Ford Mustang 'Lithium' Siap Getarkan SEMA Show 2019

Ford Amerika siap menghadirkan prototipe Ford Mustang yang sepenuhnya bertenaga listrik di ajang SEMA Show 2019, di lokasi Las Vegas Convention Center pada 5-8 November mendatang. Mustang berjuluk ‘Lithium‘ ini dibangun atas kolaborasi antara Ford dengan Webasto.

Dengan kekuatan 900 HP pada torsi 1.355 Nm (1.000-ft.lbs), tidak diragukan lagi Mustang ‘Lithium’ akan menjadi salah satu mobil paling menarik yang hadir di SEMA Show 2019.

Ford Mustang 'Lithium' Siap Getarkan SEMA Show 2019

“Ford tidak merahasiakan fakta bahwa kami sedang membuat versi listrik dari nameplate kami yang paling populer,” kata Chief of Product Development Ford AS, Hau Thai-Tang. “Prototipe Mustang satu kali ini adalah peluang besar bagi kami, bersama dengan Webasto, untuk menunjukkan kepada pelanggan kami apa yang dapat dilakukan oleh powertrain listrik baru pada kinerja, di mobil yang sudah mereka kenal dan cintai.”

Mustang Lithium memiliki tampilan yang rendah dan ramping, menampilkan komponen bodi serat karbon khusus dilengkapi dengan velg berdiameter 20-inci serta Handling Pack Performance dari Ford. Mobil juga diibekali rem depan Brembo yang diadopsi dari dari Shelby GT350R, splitter samping khusus serta diffuser belakang, plus jendela polikarbonat tembus pandang pada kap mesin depan.

Ford Mustang 'Lithium' Siap Getarkan SEMA Show 2019

Namun, fitur yang paling mengesankan pada konsep Mustang Lithium ini adalah motor listrik dual-core Phi-Power, yang bekerja bersama sistem baterai 800 volt dari Webasto dengan EVDrive Technology.

Menurut Ford, solusi ini memungkinkan sistem menjadi lebih ringan, lebih kuat dan menghasilkan lebih sedikit panas namun mampu memberikan lebih banyak kekuatan listrik ketimbang kebanyakan sistem mobil elektrik lainnya.

Ford Mustang 'Lithium' Siap Getarkan SEMA Show 2019

Fitur berikutnya yang paling mengesankan adalah transmisi manual enam percepatan versi Calimer yang telah teruji pada jalur drag race. Dengan bantuan poros setengah roda Ford dan diferensial Super 8.8 Torsen, sistem dapat menangani torsi 1.355 Nm (1.000-ft.lbs), dimana tenaga kemudian disalurkan ke keempat roda yang dilengkapi dengan ban Michelin Pilot Sport 4S.

Saat dipacu, Mustang Lithium memanfaatkan serangkaian mode drive unik yang dapat “menerapkan torsi yang terkendali untuk berbagai skenario mengemudi”. Pengemudi dapat memilih antara mode Valet, Sport, Track, dan Beast, melalui display berdiameter 10.4-inci pada dashboard mobil.

Ford Mustang 'Lithium' Siap Getarkan SEMA Show 2019

Ford Mustang 'Lithium' Siap Getarkan SEMA Show 2019

Ford berencana menginvestasikan lebih dari USD 11.5 miliar pada sistem elektrifikasi kendaraan mereka pada tahun 2022. Sementara itu, kustomer dapat mengharapkan kehadiran SUV all-electric yang terinspirasi dari Mustang terbaru tahun depan, serta Ford F-150 all-electric dalam beberapa tahun berikutnya. **MS/ Foto-foto: Carscoops

KOMENTAR (0)