Ford Thunderbird ‘F-Code’ Langka Segera Dilelang

Ford Thunderbird 'F-Code' Langka Segera Dilelang

Meskipun Ford Thunderbird dikenal sebagai mobil mewah di era 1950-an, pada awal pengembangannya perusahaan membayangkan bahwa Ford Thunderbird akan menjadi saingan mobil sport Chevrolette Corvette.

Untuk mewujudkannya, tidak ada yang lebih baik dibandingkan dengan Thunderbird 1957 ‘F Code’ yang dilengkapi oleh mesin V8 dengan rasio supercharger McCulloch/Paxton yang mencapai 312-kubik inci, yang mampu menghasilkan 300 tenaga kuda.

Ford Thunderbird 'F-Code' Langka Segera Dilelang

Thunderbird ‘F-Code’ hanya diproduksi sebanyak 212 unit, dan ini menjadikannya salah satu model Ford Thunderbird langka yang paling diinginkan kolektor, diantara model Ford klasik lainnya.

Nah, pertengahan bulan ini, sebuah Ford Thunderbird 1957 ‘F-Code’ langka yang masih dalam kondisi premium dari koleksi Sam Pack, seorang kolektor mobil terkenal di AS, akan dilelang oleh RM Auctions di Farmer’s Branch, Texas, pada 15 November mendatang.

Ford Thunderbird 'F-Code' Langka Segera Dilelang

Dilansir dari Hemmings.com, motivasi sebenarnya Ford mengembangkan Thunderbird ‘F-Code’ adalah mengikuti kompetisi NASCAR. Karenanya, mereka harus memasarkannya secara resmi telebih dulu, dan salah satunya adalah Ford Thunderbird ‘F-Code’ ini.

Pemilik asli mobil yang menggunakan nomer Chassis F7FH347627 ini diyakini bernama Jon Csicsila yang berasal dari Hinkley, Ohio. Ia membeli mobil tersebut di Summer Motor Company yang berada di daerah Springfield, Tennessee.

Ford Thunderbird 'F-Code' Langka Segera Dilelang

Thunderbird ‘F-Code’ yang akan dilelang ini masih dalam kondisi yang sangat baik, dengan didominasi warna hitam (dan atap soft top putih), ban dengan sidewall putih, penutup roda penuh, wiper masih bekerja dengan baik, juga pemanas dan defroster serta transmisi manual 3-percepatan dengan overdrive.

Mobil ini disimpan dan digunakan oleh Csicsila, sampai akhirnya pada tahun 2002 dibeli oleh Sam Pack, dan menjadi satu-satunya model ‘F-Kode’ dari tiga buah Thunderbird 1957 yang tersimpan di Pack Automotive Museum.

Ford Thunderbird 'F-Code' Langka Segera Dilelang

Mengingat mobil ini didokumentasikan dengan baik, RM Auctions memprediksi harga jual antara USD 175,000 hingga 225,000 (sekira Rp 2,1 hingga 2,7 miliar) saat lelangnya nanti di Farmer’s Branch, Texas, pertengahan bulan ini. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)