Ganti Ban Mobil, Baca Dulu Kode Ukurannya

Ganti Ban Mobil, Baca Dulu Kode Ukurannya

Roda atau ban menjadi salah satu komponen yang penting dari mobil. Selain menjadi penghantar tenaga dari mesin ke roda, ban juga menjadi penyangga saat mobil berhenti. Lalu, apakah Anda tahu tentang spesifikasi ban?

Dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, aetiap jenis mobil memiliki ukuran ban yang berbeda-beda. Ukuran ban mobil biasanya dinotasikan dalam bentuk kode.

Anda harus dapat mengartikan kode tersebut agar tidak salah ukuran saat membeli ban untuk kendaraan kesayangan. Salah satu contoh kode tersebut adalah 245/45 Z R 19 98 W, dan berikut adalah cara membacanya.

  • 245
    Angka dalam bentuk ratusan yang muncul pertama kali pada kode ban pada mobil ini berarti lebar bagian tapak ban. Artinya kode ini menunjukkan jarak antar dinding yang ada di sebuah ban. Jarak yang ditulis di kode ini menggunakan satuan mm
  • 45
    Arti dari angka selanjutnya yang muncul adalah aspek ketinggian sidewall. Cara untuk menghitungnya cukup mudah, yaitu menggunakan kode angka ratusan yang menunjukkan lebar bagian tapak ban dengan aspek lebar sidewall. Garis miring pemisah kedua kode ini diartikan sebagai kali.
  • Z
    Kode berupa huruf Z yang tertera pada ban ini melambangkan kecepatan mobil. Ban yang berkode Z berarti mempunyai kecepatan maksimal. Kode kecepatan ban lainnya yang diurut dari tingkat rendah hingga tinggi, yaitu S, T, hingga yang terakhir adalah Z
  • R
    Kode ban R diartikan sebagai bahan untuk menyusun atau konstruksinya. Radial atau R adalah ban yang memiliki lapisan bahan kain yang melintang di sekelilingnya. Di samping itu, ada lapisan tambahan yang ada di sekitar tapak ban.
  • 19
    Setelah beberapa kode di atas,arti dari angka 19 sembagi petunjuk diameter ban untuk mobil. Kode ban ini dibaca menggunakan satuan inchi. Angka yang menunjukkan diameter ini berbeda untuk setiap jenis ban, tergantung pada ukuran diameternya
  • 98
    Satu lagi kode berupa angka pada ban yang perlu Anda perhatikan. Angka 98 berarti besaran beban yang mampu untuk dibawa. Besaran angka ini sesuai dengan kemampuan mobil melaju. Apabila ingin membeli Anda harus memperhatikan angka ini sesuai dengan kualifikasi ban awal yang dimiliki.
  • W
    Huruf paling terakhir yang ada di kode ukuran ban ini berarti rating kecepatan ban. Ini menunjukkan daya tahan ban terhadap kecepatan laju mobil.

Kode Kualitas Ban Mobil

Ada lagi kode ban yang harus Anda ketahui, yaitu petunjuk kualitasnya. Kode ini harus Anda perhatikan dan pahami agar tidak salah dalam membelinya dan menyesuaikan dengan mobil. Ini adalah beberapa kode kualitas ban yang harus diperhatikan saat membelinya.

  • DOT
    Ban dengan kode kualitas DOT biasanya adalah produk Amerika. Kode ini menunjukkan bahwa ban memiliki kualitas baik. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena terkadang ada ban yang memiliki kode DOT, tetapi kualitasnya buruk karena produk tiruan
  • UTQG

Uniform Tire Quality Grading atau UTQG adalah kode untuk ban yang memiliki keunggulan tinggi. Ban dengan kode UTQG menunjukkan peringkat tapak, kesanggupan ban untuk segera berhenti saat melaju dengan cepat, dan daya tahan ban terhadap suhu aspal.

Kode kualitas yang ada pada ban ini akan membantu Anda mengetahui mana merk yang berkualitas. Namun, yang harus Anda perhatikan yaitu usahakan membelinya di pusat ban. Ini untuk mengantisipasi salah beli atau pemalsuan ban jika mendapatkannya di tempat servis biasa.

Kode Inflasi Maksimal

Notasi kode ban selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah inflasi maksimal. Kode ini guna memastikan ban yang dibeli cocok sesuai kebutuhan. Kode inflasi maksimal juga digunakan untuk mendapatkan ban yang memiliki tekanan angin agar sesuai jika dipompa dengan alat otomatis.

Apakah masih bingung mengenai kode pada ban untuk mobil? Tentunya dengan ulasan di atas Anda akan semakin paham tentang kode-kode tersebut. Di samping itu, ini juga bisa dijadikan sebagai referensi untuk merawat ban pada mobil agar tetap dalam kondisi prima dan melaju dengan lancar.

 

KOMENTAR (0)