Gran Max dan Luxio Kena Recall, Ini Tindakan Daihatsu

Gran Max dan Luxio Kena Recall, Ini Tindakan Daihatsu

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berani menanggung malu dengan melakukan penarikan ulang (recall) 36.915 unit Daihatsu Gran Max dan Luxio tahun produksi Maret 2018 hingga April 2019. Dari angka itu, 32 ribu terdiri dari Gran Max 1.5 dan 4.000 Luxio.

Recall terpaksa dilakukan karena masalah mesin, lebih tepatnya pada komponen connecting rod yang berpotensi bermasalah sehingga menyebabkan mesin mati. Recall ini pun bukan pertama kali dilakukan Daihatsu. PT ADM telah melakukan recall sebanyak lima kali di Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kepuasan dan keselamatan konsumen.

Sejauh ini, ADM menerima sebanyak enam kasus mesin mati pada Daihatsu Gran Max 1.5. Daihatsu Gran max 1.3 diklaim tidak mengalami masalah. “Kasusnya, enam unit Gran Max mengalami mesin mati dan menepi di jalan,” kata Anjar Rosjadi, Technical Services Division Head PT ADM di Sunter, Jakarta Utara, Jumat, 1 November 2019.

Ciri-ciri Gran Max dan Luxio yang mengalami masalah pada connecting rod adalah mesin terdengar berisik pada saat berjalan di jalanan menanjak maupun datar. Mesin terdengar kasar sebelum mati dan berhenti. Pada saat jalanan menurun, gejalanya juga sama.

Gran Max dan Luxio Kena Recall, Ini Tindakan Daihatsu

Lebih lanjut Anjar menjelaskan bahwa connecting rod ini merupakan bagian dari mesin yang menghubungkan piston dengan crank saft.  Masalahnya adalah, connecting rod ini berpotensi patah yang menyebabkan mesin mati.

Pada penggantian komponen ini, pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun, alias gratis. Selain itu, pelanggan juga akan mendapat apresiasi berupa voucher paket ganti oli mesin gratis untuk service berikutnya bagi yang berpartisipasi dalam program ini.

Daihatsu juga aktif menghubungi melalui surat pemberitahuan, telpon dan SMS untuk memberitahukan kepada para pemilik kendaraan yang terlibat dalam recall ini. Setiap pemilik kendaraan dapat melakukan pengecekan sendiri untuk mengetahui apakah mobilnya termasuk kendaraan yang teridentifikasi program tersebut dengan menghubungi Hotline di 1-500-898 kapan pun selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Poses penggantian conncting rod diperkirakan memakan waktu sekitar 14 jam. Saat ini ADM memiliki 156 jaringan bengkel tersebar di seluruh indonesia. “Terkait proses perbaikan ini, konsumen yang terdampak akan diberikan voucher paket penggantian oli gratis pada kunjungan servis berikutnya,” ujar Anjar.

Sebagai informasi, Daihatsu Gran Max pertama kali diperkenalkan pada akhir 2007 dan mulai dipasarkan pada awal 2008. Hingga September 2019, total penjualan Gran Max 1.5 mencapai 300.337 unit.

 

KOMENTAR (0)