Honda Jazz Tergiur Pasar Yaris Heykers?

Honda Jazz Tergiur Pasar Yaris Heykers?

Segmen crossover sepertinya makin menggeliat dari para manufaktur di kawasan Asia. Jika dari Toyota ada Yaris Heykers, kali ini Honda juga dikabarkan sedang mempersiapkan Jazz dengan tampang crossover. Ciri utamanya seperti ground clearance yang tampak lebih tinggi.

Seperti dilansir Paultan, Kamis (8/3), bagian interior tak ada perubahan yang signifikan. Hanya nama tambahan jelas bertuliskan X-Road. Yup, Honda Jazz crossover tersebut ditambah dengan embel-embel Jazz X-Road.

Tampak pada penampakan foto, Jazz X-Road sudah mempunyai skid plate berwarna silver untuk depan-belakang, side skirt, side body moulding, fender luar depan yang menyambung dengan garis hitam. Tarikan garis hitam menyatu dengan fender belakang.

Sayangnya belum ada kepastian jika Jazz X-Road bisa mengaspal di Indonesia. Saat ini Honda Jazz mengisi segmen Hatchback untuk pasar Indonesia. Sejak kehadirannya pada 2004 lalu, Jazz diterima baik penggemar City Car di Indonesia dan sukses menjadi pemicu tren Hatchback atau City Car.

Sepertinya Honda tergiur dengan segmen dari Yaris Heykers yang disajikan PT Toyota-Astra Motor, sebab sepanjang tahun 2017 dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) mampu bukukan total angka 5.868 unit, adapun terlaris adalah versi transmisi otomatis yakni 3.971 unit.

Jangan berharap ubahan lebih tinggi pada sektor mesin. Saat ini mobil tersebut masih menggendong mesin bensin 1,3 liter i-VTEC, empat silinder. Dengan tenaga 100,6 Hp dan torsi 123 Nm,  Jazz X-Road mempunyai sistem transmisi manual enam percepatan dan otomatis dengan CVT. Berbeda dengan Jazz rakitan Honda Indonesia yang memakai mesin 1,5 liter dengan tenaga 118 Hp dan torsi puncaknya 145 Nm.

Saat ini Jazz X-Road baru dijual di Eropa dan memanfaatkan segmen crossover yang makin booming di dataran sana. Bukan tak mustahil Jazz crossover tersebut masuk ke Indonesia, tapi untuk waktu dekat rasanya belum mungkin.

TAGS

KOMENTAR (0)