Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Setelah meluncurkan SUV terbarunya, Hyundai Creta, November lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2021) lalu, PT Hyundai Motor Distributor Indonesia (HMID) kali ini mengajak langsung para awak media untuk city cruising sekaligus menguji kenyamanan CRETA menjelajah Pulau Bali selama dua hari penuh dengan pilihan destinasi yang menarik lewat acara “CRETA Driving Day: Joy of Connection” 

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Perjalanan diawali dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, yang langsung disambut oleh puluhan Hyundai CRETA tipe Prime yang terparkir di area bandara. Diilhami dengan daya tarik premium, keunikan sosok Hyundai CRETA yang stylish langsung tersaji dari bentuk headlamp Parametric Jewel Hidden-Type DRL, High Mounted Stop Lamp (HMSL) dan Boomerang shape signature lighting with LED lamps di sisi belakang, juga velg Diamond Cut Alloy Wheels berukuran 17-inci.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Cuaca panas dan lembab khas Pulau Bali sekejap langsung hilang saat menekan tombol pada remote untuk menghidupkan mesin dan AC di dalam kabin secara jarak jauh. Hyundai CRETA juga dilengkapi dengan Air Purifier yang membuat udara dalam kabin menjadi lebih berkualitas. Suasana kabin simpel dan premium bernuansa gelap nampak dari kualitas material panel dan kursiVentilated Seat yang memberikan kesejukan dan kenyamanan bagi penumpang dan pengemudi, plus Cooled Glove Box, laci untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman selama perjalanan.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Destinasi pertama adalah makan siang di daerah Uluwatu dengan akses melalui Tol Bali-Mandara. Kesempatan ini sekaligus menguji akselerasi dan kekedapan kabin CRETA yang terasa sangat baik meskipun melaju dalam kecepatan tinggi. Performa mesin 1.5-liter Smartstream memberikan performa yang sesuai dengan karakter CRETA. Mesin ini sangat halus minim getaran, responsif dengan tingkat efisien tinggi.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Akselerasi pun terasa panjang tanpa lag berkat Intelligent Variable Transmission (IVT) pada sistem transmisinya. Modul pintar terus membaca refleks daya injak pedal gas dan putaran mesin yang diinginkan pengemudi terutama saat kinerja fitur berkendara terkini seperti mode Eco, Comfort, Smart dan Sport  digunakan. Hal ini menjadi focal point terbaik bagi CRETA sebagai sebuah SUV urban. Teknologi IVT dengan paduan manual 6-speed dan juga paddleshift mampu mengirim Hyundai CRETA mencapai tenaga maksimal hingga 113 hp pada 6.300 rpm dengan torsi maksimal hingga 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Selain kenikmatan tertinggi yang dihadirkan Hyundai CRETA dari sisi performa dan kabin yang nyaman, Hyundai juga berusaha sepenuhnya untuk melibatkan indera dan meningkatkan pengalaman pengguna pada fitur Hyundai SmartSense, seperti Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA). Kedua fitur ini akan menjaga posisi mobil melalui marka jalan lewat informasi visual dan audio, serta aistem keamanan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), dimana sistem ini secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Rute daerah tujuan di Uluwatu, memiliki banyak jalur berbelok dan bergelombang. Layaknya sebuah SUV Eropa, redaman suspensi CRETA terus memberikan kestabilan maksimal untuk menjaga titik presisi mobil ini saat menikung hingga keluar tikungan. Suspensi ini terasa empuk namun tetap menggigit kala diajak menikung tajam. Redamannya pun sangat baik tanpa ada getaran keras dari suspensi.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Selesai santap siang, peserta mendapatkan demonstrasi oleh Suprayitno, Head of Service Planning and Strategy PT Hyundai Motors Indonesia dengan memberikan setiap mobil peserta sebuah smartphone yang telah dilengkapi dengan teknologi Connected Car Service, Hyundai Bluelink. Teknologi pada fitur ini memungkinkan pemilik CRETA dapat menemukan mobilnya lewat sistem yang terhubung dengan smartphone untuk menyalakan/mematikan lampu atau klakson mobil, mengatur suhu kabin sesuai keinginan lalu menyalakan kendaraan. Semua proses tersebut dapat dilakukan hanya melalui sentuhan layar smartphone di genggaman.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Tak hanya itu, Hyundai Bluelink juga menyuguhkan keamanan dan kenyamanan, pemiliknya dengan memperoleh akses ke berbagai fitur canggih, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang akan beroperasi saat upaya pencurian kendaraan sedang terjadi dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pemilik untuk mengidentifikasi posisi terkini dari mobil.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Kemudian juga ada fitur Stolen Vehicle Immobilization, yaitu layanan yang tersedia di Hyundai Bluelink agar pengguna dapat menghubungi Call Center dan meminta mobil yang dicuri untuk segera berhenti sementara waktu.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Selain itu, ada juga ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA) yang dapat digunakan oleh pemilik mobil di situasi darurat lainnya, seperti saat membutuhkan bantuan medis atau saat mobil mengalami kerusakan. Sangat menarik!

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Selesai santap siang, perjalanan terus berlanjut menuju Pantai Pandawa. Di balik pemandangan nan eksotis itu, terdapat jalanan berliku yang memberikan kesempatan kepada setiap mobil menikmati ketangguhan performa dan akselerasi CRETA. Kesenangan pun berakhir di Pantai Melasti untuk menutup kegiatan hari pertama dengan menikmati suasana cozy dengan pemandangan sunset yang sempurna hingga hotel The Ritz-Carlton di area Badung.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Memasuki hari kedua, perjalanan para peserta tertantang oleh kondisi hujan deras menuju destinasi selanjutnya. Gunung Batur Kintamani. Di momen inilah, CRETA kembali membuktikan performa suspensi terbaik di kelasnya untuk mendukung kenyamanan berkendara. Guyuran hujan juga membuktikan keunggulan CRETA dari segi kekedapan kabin, dan perlindungan di situasi hujan melalui fitur Vehicle Stability Management (VSM), sistem yang membantu kendaraan untuk tetap stabil pada saat meningkatkan kecepatan atau melakukan pengereman secara mendadak pada kondisi jalanan yang basah, licin, dan tidak mulus.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Untuk sampai ke kawasan ini, para peserta terus melaju sejauh 70 kilometer dengan karakteristik jalanan yang dinamis, seperti jalanan tidak rata, berbelok-belok, dan bergelombang. Dalam penjelajahan yang membutuhkan waktu kurang lebih dua jam tersebut, suasana kabin CRETA menghadirkan kenyamanan yang menyenangkan, seperti leg room yang lapang di setiap penumpang, sistem audio bersuara jernih dari 8 unit BOSE Premium Sound System hingga Panoramic Sunroof yang menghantarkan pemandangan langit Bali yang indah.

Hyundai Creta, SUV Korea Rasa Eropa

Bisa dikatakan sangat puas saat mengendarai SUV terbaru Hyundai yang kaya akan fitur, namun tetap menawarkan harga yang kompetitif, di mana sesuai dengan pengalaman fun-to-drive yang ingin diberikan oleh Hyundai CRETA.

 

 

 

 

KOMENTAR (0)