Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

Di tengah masa PSBB seperti saat ini banyak protokol kesehatan yang mengharuskan semua pihak dapat beradaptasi sesuai peraturan pemerintah. Termasuk penyesuaian dalam mengadakan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 pada 10 Oktober mendatang, di mana keterbatasan tidak membatasi kreativitas.

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

“Di tengah situasi saat ini kami mencoba menerapkan adaptasi untuk menyelenggarakan IMX 2020. Tidak lain agar nadi perekonomian khususnya di industri modifikasi dan barang aftermarket tetap berjalan. Poinnya adalah untuk tetap bisa melakukan bisnis sambil mengikuti semua protokol kesehatan, aspek keselamatan yang jadi poin paling utama, serta tentunya kesejahteraan bagi semua yang terlibat,” sebut Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

Tahun ini IMX 2020 rencananya akan menjadi event otomotif pertama yang menjadi terobosan, karena dibuat secara daring dengan konsep hybrid/campuran antara event offline dan online yang bisa disaksikan dari mana saja hanya dengan satu klik. Selain itu IMX 2020 tetap memberikan panggung yang sama terhadap munculnya produk-produk aftermarket terbaru, jasa modifikasi, kemunculan mobil-mobil modifikasi terbaik di Indonesia, dan puncaknya tetap mempertahankan hadiah untuk pengunjung dalam Giveaway dan Supergiveaway dalam bentuk satu unit mobil yang dimodifikasi dalam kolaborasi antar Industri. Tahun ini IMX Supergiveaway akan memakai unit dari Suzuki Indonesia untuk dimodifikasi, dimana pada tahun ini Suzuki Indonesia merupakan salah satu co-sponsor IMX 2020.

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

Meski berubah menjadi hybrid namun IMX 2020 tetap mengusung tema “INDONESIAN PRIDE” untuk menyambut optimisme kebangkitan industri modifikasi Tanah Air meski di tengah pandemi. Apalagi dengan pasar otomotif dan sumber daya manusia yang besar, Indonesia seharusnya bisa menjadi salah satu pemain besar dalam industri car tuning dunia.

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

Sementara perubahan menjadi online event dibarengi dengan konsep #UnsealTheAge yang akan merujuk mejadi tiga poin sebagai berikut:

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

1. New Normal Breakthrough. Menjadi event otomotif pertama di Indonesia yang menyajikan terobosan spektakuler penyelenggaraan kegiatan pameran dengan tetap mengedepankan anjuran dan arahan Pemerintah perihal pelaksanaan protokol kesehatan, keamanan, serta keselamatan seluruh pihak yang terlibat di dalam kegiatan. Seluruh show akan dilaksanakan secara offline oleh tim IMX, sementara pengunjung dapat menyaksikannya secara langsung online, melalui platform digital tiketing.

2. Spectacular Event Show. Automotive platform hybrid pertama yang menghadirkan event dalam performance show yang dapat ditonton jutaan orang di seluruh Indonesia melalui daring. IMX berkolaborasi dengan para pelaku event dan seniman digital Tanah Air terbaik untuk menggarap lighting show serta digital mapping yang akan menjadi sajian visual apik yang layak ditunggu dan ditonton.

3. Support The Industry. IMX 2020 #UnsealTheAge merupakan strategi untuk tetap dapat mendukung industri otomotif baik dari sisi marketing maupun sales dengan menggelar event berkelas. Sehingga harapannya dapat menjadi salah satu kegiatan penopang industri otomotif Indonesia untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini.

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

“Nantinya IMX 2020 dengan konsep hybrid ini sepenuhnya akan memaksimalkan sisi acara agar pengunjung dapat menyaksikan event online ini sebagaimana event offline. IMX akan menyajikan konten dan visual acara menarik yang akan dilangsungkan hanya dalam durasi 4 jam. Tata panggung, tata cahaya, digital imaging, sampai multimedia show dikerjakan oleh anak bangsa terbaik sehingga ini bukan event yang biasa-biasa saja. Selain itu untuk pengunjung bisa membeli tiket online yang harganya relatif sangat murah, namun sesuai ciri khas IMX kami memberikan kesempatan untuk penonton dapat memenangkan satu unit mobil Suzuki yang telah dimodifikasi dengan sangat spesial,” jelas Andre.

 

IMX 2020 rencananya akan mulai menjual tiket online dalam dua gelombang untuk para pengunjung/penonton. Di mana gelombang pertama (Pre-Sale) akan dimulai pada 30 Juli 2020 mendatang. Selain itu, IMX 2020 hybrid akan tetap didukung Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan akan melibatkan pula beberapa influencer otomotif dan tentunya berbagai media, salah satunya datang dari grup Infia.co yang memiliki lebih dari 21 juta followers sosial media. Nantinya mereka akan menjalankan beberapa program yang akan memeriahkan expo dan berkolaborasi menghadirkan sesuatu yang baru untuk disaksikan para pengunjung/penonton.

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

“Apresiasi kepada IMX atas kreativitas dan terobosannya dalam menyelenggarakan event melalui platform hybrid di mana gelaran event dilakukan secara offline namun pengunjung dapat menikmati secara online. Kemenperin turut bangga atas kreativitas tersebut dan senantiasa mendukung IMX serta NMAA melalui berbagai program seperti penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) modifikasi sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi SDM modifikator dan SKKNI in action untuk meningkatkan daya saing industri modifikasi,” kata  Putu Juli Ardika Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian.

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

Sementara itu, “Suzuki sangat antusias berkolaborasi dengan IMX, karena IMX merupakan barometer para modifikator dan pencinta otomotif dan modifikasi Tanah Air. Apalagi tahun ini IMX diselenggarakan dengan konsep yang unik dan berbeda dengan sebelumnya, yaitu menggabungkan konsep online dan offline.  Hal ini adalah terobosan baru di dunia otomotif. Kami optimistis kehadiran IMX akan menjadi salah satu faktor pendorong  geliat otomotif dan modifikasi nasional,” tambah Harold Donnel selaku Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Indonesia Modification Expo 2020, Siap Diselenggarakan Secara Hybrid  

“Dengan membangun platform hybrid ideal untuk penyelenggaraan IMX 2020 nanti, kami yakin bisa memberi kepastian kepada semua pihak yang terlibat soal potensi yang akan muncul, salah satunya adalah potensi audience yang membesar. Jika pada event offline sebelumnya hanya didominasi mereka yang tinggal di Jabodetabek dan Pulau Jawa, nantinya IMX hybrid bisa ditonton audience dari seluruh Indonesia bahkan dunia! Tak hanya itu, kami percaya dengan memberikan expo modifikasi bernuansa baru untuk para pengunjung nanti, ini akan membantu pemulihan industri modifikasi dan aftermarket,” tutup Andre Mulyadi.

Sampai bertemu di Indonesia Modification Expo 2020!

KOMENTAR (0)