Ini Cara Hilangkan Bau Apek pada Mobil Setelah Terendam Banjir

Ini Cara Hilangkan Bau Apek pada Mobil Setelah Terendam Banjir

Usai bencana banjir yang terjadi di awal tahun 2020, pemulihan mobil yang terendam harus dilakukan. Tidak hanya harus mengecek dan memperbaiki sektor mesin, bagian interior pun harus segera ditangani karena biasanya setelah terendam, bagian ini akan tercium bau apek atau bau yang kurang sedap.

Seperti dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk mengusir bau pada interior mobilnya.

  1. Lepas seluruh komponen yang ada di kabin, seperti jok dan karpet mobil. Komponen-tersebut harus segera dibersihkan lalu dikeringkan.
  2. Pastikan jok benar-benar kering. Untuk itu, lepas busa jok mobil beserta kain pelapis lalu diperas terlebih dahulu. Untuk mengeringkan jok akan membutuhkan kesabaran ekstra dan biasanya akan memakan waktu sekitar dua minggu dengan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Tidak ada cara yang lebih cepat? Tidak ada karena dalam mengeringkan jok mobil, tidak disarankan menggunakan alat pengering apapun, termasuk hair dryer.
  3. Jemur kedua sisi karpet mobil supaya kering maksimal. Lepas terlebih dulu lembaran-lembaran peredam pada karpet dasar , dibersihkan, lalu lanjut dikeringkan. Bersihkan karpet sebaiknya dengan semprotan khusus dan untuk beberapa jenis karpet yang lebih padat, umumnya harus memakai sikat untuk membersihkannya.
  4. Jika bagian plafon juga terendam banjit, ada dua pilihan untuk solusinya. Pertama, langsung ganti dengan yang baru. Lalu yang kedua, mempertahankan plafon lama tapi biasanya hasilnya akan kurang maksimal. Kenapa? Karena biasanya lem pada plafon mobil cuma sekali pakai dan sekali tempel. Jika memakai jenis lem yang beredar di pasaran, biasanya hasilnya pengeleman kurang kuat, khususnya untuk jangka panjang.
  5. Bau tidak sedap pada interior juga bisa diakibatkan oleh saluran AC mobil yang terkena air banjir. Umumnya terkena pada saluran distribusi AC mobil yang untuk bagian bawah dan ke bagian belakang. Komponen saluran AC menempel pada dek mobil, sehingga sangat bisa terkena air banjir. Untuk hasil maksimal lakukan pembersihan saluran AC mobil ini secara menyeluruh dengan membongkar dan membersihkan semua komponen AC mobil.

Ini Cara Hilangkan Bau Apek pada Mobil Setelah Terendam Banjir

KOMENTAR (0)