Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

Sosok Mercedes-Benz S-Class selalu  terkenal sebagai sedan premium yang penuh limpahan inovasi bahkan hingga model W223 terkini. Dengan kehadiran model S-Class terbaru yang baru saja meluncur, mari kita ulas apa saja yang ditawarkan setiap model dalam sejarah panjang sedan mewah ini dalam mengubah industri.

Karena banyaknya kemajuan yang diperkenalkan dalam setiap varian S-Class, maka mobil dalam daftar ini hanya akan menampilkan fitur yang paling berpengaruh.

W187 (1951 hingga 1954)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

S-Class pertama menampilkan mesin 6 silinder overhead camshaft yang tercanggih di jamannya. Selain itu, varian ini menjadi pelopor untuk fitur penguncian pintu dengan pengaman berbentuk kerucut, yang merupakan pilihan alternatif terkuat dari sekedar sistem kunci pintu tradisional. Karena kekuatan ekstra ini pula, maka sistem ini lebih mampu mencegah pintu terbuka saat terjadi kecelakaan.

W105 / W180 / W128 (1954 hingga 1959)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

Kemajuan teknologi W105 / W180 / W128 lebih menampilkan kekuatan rangka bodyshell, serta perangkat drum rem yang disebut “Turbocooling”, untuk membantu menghilangkan gejala panas. Mulai tahun 1958, 220SE memiliki fitur pengaturan injeksi untuk bahan bakar.

W111 / W 112 (1959 hingga 1965)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

W111 / W112 hadir dengan membawa fitur teknologi baru di atas para pendahulunya. Hampir semua dari fitur tersebut merupakan langkah besar dalam hal keselamatan. Salah satunya, ada lingkar kemudi empuk dan “interior pengurang cedera” dalam kabinnya. Fitur ini juga memiliki ruang keselamatan penumpang dengan adanya zona lipat di bagian depan dan belakang untuk melindungi penumpang, sekaligus menandai penggunaan pertama teknologi ini pada model produksinya. Selain fitur keselamatan, mulai tahun 1961, model 300SE menerima sejumlah sisi kenyamanan, seperti rem cakram, suspensi udara, dan pintu pengunci sentral.

W108 / W109 (1965 hingga 1972)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

W108 / W109 lebih merupakan varian evolusi daripada revolusi terhadap model sebelumnya. Meski begitu, bukan berarti model ini tidak membawa sesuatu yang baru. Semua model ini dilengkapi komponen per hidropneumatik di gardan belakang, dan untuk versi 300SEL 6.3 yang tertinggi, mengusung mesin V8 berkapasitas besar, dengan tenaga 247 hp untuk performanya. Mesin ini juga digunakan pada versi modifikasi AMG dari mobil ini yang kemudian menjadi mobil balap terkenal yang dikenal sebagai ” Red Pig “.

W116 (1972 hingga 1980)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

W116 jelas merupakan tonggak sejarah karena merupakan model pertama yang secara resmi menyandang gelar moniker S-Class. Beberapa kemajuan teknologi yang ditampilkannya adalah sistem ABS (dari 1978) dan cruise control (dari 1975) sebagai opsional, lampu belakang dan jendela samping anti kotor, dan tangki bahan bakar di atas gardan belakang untuk memberikan perlindungan kepada penumpangnya jika terjadi tabrakan. Model W116 juga merupakan mobil produksi pertama yang ditawarkan dengan pilihan mesin diesel turbocharged.

W126 (1979 hingga 1991)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

Sama seperti W111 / W112, kemajuan teknologi W126 hadir dengan fokus yang kuat pada faktor keselamatan. Sedan ini memiliki tensioner sabuk pengaman opsional dan kantong udara pengemudi dari tahun 1981, kantong udara penumpang depan opsional dari tahun 1988, dan kontrol selip akselerasi ASR opsional untuk model V8 dari tahun 1985. Ia juga menampilkan sistem kolom kemudi yang dapat diatur secara elektrik sebagai perlengkapan opsional dari tahun 1985.

W140 (1991 hingga 1998)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

Meskipun saat ini terlihat sangat boxy, namun saat debutnya, W140 memiliki koefisien drag yang relatif rendah hanya 0,31. Sedan fenomenal ini juga merupakan mobil produksi Mercedes Benz pertama yang mengusung mesin berkapasitas dua belas silinder, yang juga merupakan mesin terkuat yang pernah ada pada saat itu. Kemajuan pada generasi ini sangat difokuskan untuk menghadirkan fasilitas sebanyak mungkin di dalamnya. Adapun fitur yang disematkan menampilkan jendela samping dengan kaca ganda, penutup daya pintu dan bagasi opsional, sistem kabel multipleks berbasis CAN (Controller Area Network), sistem navigasi Auto Pilot System (APS) opsional sebagai peralatan opsional dari tahun 1995, lampu depan Xenon dinamis opsional dan LINGUATRONIC, sistem kontrol suara dari tahun 1996, dan sistem carphone pertama yang diaktifkan oleh kontrol suara dalam seri produksi.

Selain fasilitas tersebut, W140 juga menampilkan sejumlah fitur bantuan pengemudi, seperti Electronic Stability Program (ESP) sebagai standar atau opsional tergantung model, sistem bantuan parkir PARKTRONIC sebagai standar atau opsional tergantung model, dan sistem Brake Assist ( BA ) sebagai perangkat standar dari tahun 1996.

W220 (1998 hingga 2005)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

Model W220 bisa dibilang adalah S-Class pertama di zaman modern. Ini menampilkan semua jenis teknologi otomotif baru atau standar, seperti penutup silinder otomatis, transmisi otomatis yang dikendalikan secara elektronik dari tahun 2004, Active Distance Assist DISTRONIC opsional, akses keyless GO opsional dan sistem otorisasi penggerak, juga PRE-SAFE® sistem perlindungan preventif penumpang dari tahun 2002. Selain itu, W220 adalah S-Class pertama yang memiliki varian AMG dengan model S55 dan S65, serta S-Class pertama yang ditawarkan dengan sistem penggerak semua roda atau 4MATIC secara opsional.

W221 (2005 hingga 2013)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

Pengembangan pada model W22 sebagian besar difokuskan untuk fitur bantuan pengemudi. Salah satunya menampilkan Improved Active Distance Assist DISTRONIC PLUS (dengan pengereman total), PRE-SAFE® Brake dengan pengereman parsial otonom dari tahun 2006, pengereman darurat otonom opsional dari tahun 2009, Active Night View Assist opsional, dan Lane Keeping Assist opsional dari tahun 2009. Mobil ini juga merupakan S-Class pertama yang menampilkan varian hybrid lewat varian S400 Hybrid dari tahun 2009.

W222 (2013 hingga 2020)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

W222 merupakan salah satu model S-Class paling inovatif. Selain semua teknologinya, mobil ini juga membuat banyak langkah besar terkait teknik. Fitur yang disematkan menampilkan bodyshell hibrida aluminium terbaru yang memiliki peringkat kekakuan torsi 50 persen lebih tinggi dalam kaitannya dengan berat dan ukurannya dibandingkan dengan model pendahulunya. Selain itu, ini adalah varian pertama yang menampilkan hampir sekitar 500 LED secara keseluruhan.

Tak hanya itu, sedan ini juga memiliki banyak fitur bantuan pengemudi tercanggih yang dijuluki Mercedes-Benz ” Intelligent Drive “. Dan fitur paling menonjol adalah Road Surface Scan, yang mampu mengidentifikasi jalan berlubang sebelum melewatinya, dan Magic Body Control, fitur yang akan mengatur gerak sasis dengan redaman suspensi.

W223 (Hari Ini)

Inilah Evolusi Mercedes-Benz S-Class Selama Beberapa Dekade

Teknologi S-Class terbaru yang ada pada mobil ini lebih difokuskan pada hal-hal yang meningkatkan pengalaman berkendara dengan berbagai fitur yang ditampilkan oleh display (beberapa OLED), sistem infotainment baru, dan pencahayaan ambient aktif yang mampu memperkuat peringatan berkendara secara visual. Selain itu, lebih dari 50 komponen mobil dapat diperbarui secara otomatis. Model W223 juga dilengkapi airbag kursi belakang seri produksi pertama di dunia, serta sistem kemudi poros belakang opsional yang dapat bergerak putar hingga 10 derajat.

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMENTAR (0)