Inilah Mobil Kembar yang Ada di Indonesia, Gimana Nasibnya?

Inilah Mobil Kembar yang Ada di Indonesia, Gimana Nasibnya?

Industri otomotif yang menggiurkan di Indonesia membuat beberapa produsen membuat produk yang harus digemari oleh konsumen. Salah satu strateginya dengan melakukan kerjasama lintas merek.

Seperti diketahui, ada banyak mobil dengan wujud yang sama alias kembar namun dijual dengan logo merek yang berbeda. Paling populer tentunya ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Bagi yang belum tahu, ternyata ada banyak juga mobil kembar dari pabrikan berbeda. Sebut saja seperti Rush-Terios, Calya-Sigra, Agya-Ayla, Mitsubishi Maven-Suzuki APV, Suzuki Ertiga-Mazda VX-1 dan Suzuki Carry-Mitsubishi T120SS. Gosip terakhir yang menghangat, ada Nissan Livina yang akan menjadi kembaran Mitsubishi Xpander.

Ada beberapa merek yang justru harus menelan pil pahit karena tak sukses merebut pasar. Menurut data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan hasil angka akhir penjualannya. Salah satunya Mitsubishi Maven yang hanya mampu bertahan selama tujuh tahun dari kurun waktu 2005 sampai tahun 2011. Kembaran dari Suzuki APV tersebut hanya terjual 3.537 unit.

Inilah Mobil Kembar yang Ada di Indonesia, Gimana Nasibnya?

Usai bekerjasama dengan Mitsubishi, Suzuki juga melakukan kerja sama dengan Mazda dengan melahirkan VX-1. Hasil rebadge dari Suzuki Ertiga itu hanya terjual 1.640 unit dalam tiga tahun dari 2013 sampai 2015.

Terakhir, ada kembaran pikap Suzuki Carry yang di-rebadge menjadi Mitsubishi T120SS. Itupun sudah disuntik mati belum lama ini oleh Mitsubishi. Padahal jika dilihat dari data penjualannya, T120SS tidak kecil-kecil banget. Gaikindo melansir Mitsubishi mampu menjual T120SS sebanyak 9.504 unit versi pikap selama 2018.

Berbeda dengan mobil kembar hasil racikan Toyota dan Daihatsu seperti Avanza-Xenia, Agya-Ayla dan Calya-Sigra. Ketiga mobil kembar tersebut bisa masuk dalam daftar 20 mobil terlaris di Indonesia.

Inilah Mobil Kembar yang Ada di Indonesia, Gimana Nasibnya?

Lalu, bagaimana dengan Nissan Livina yang akan mempunyai wujud yang sama dengan Xpander? Hasil aliansi bisnis Nissan dan Mitsubishi diharapkan mampu bertarung menguasai segmen gemuk, low Multi Purpose Vehicle (MPV). Rumornya, Nissan Livina akan segera meluncur akhir Februari atau awal Maret 2019. Kita tunggu pembuktiannya.

KOMENTAR (0)