Jaguar XKSS ‘Continuation Model’ Segera Mengaspal

Jaguar XKSS 'Continuation Model' Segera Mengaspal

Dari semua model mobil terbaru yang akan hadir pada 2017 mendatang, Jaguar XKSS ‘Continuation Model’ sepertinya akan terlihat ‘sangat tua’.

Itu, tentu saja, karena sebenarnya model XKSS telah berusia hampir 60 tahun. Namun, Jaguar telah resmi mengungkapkan di ajang Los Angeles Auto Show 2016 apa yang akhirnya dicapai Divisi Classic mereka setelah 18 bulan bekerja: finishing akhir dari sembilan unit Jaguar XKSS yang seharusnya selesai dibangun pada tahun 1957, sebelum kebakaran yang melanda pabrik mereka.

Jaguar XKSS 'Continuation Model' Segera Mengaspal

Jaguar XKSS adalah versi jalan raya dari mobil balap legendaris D-Type, pemenang ajang Le Mans yang mengukuhkan reputasi Jaguar di dunia motorsport. XKSS dibangun dari tahun 1954 hingga 1956. Sembilan contoh yang direncanakan tadi adalah untuk model tahun 1957, namun pada 12 Februari tahun itu, kebakaran terjadi di bekas pabrik Browns Lane Jaguar.

Jaguar XKSS 'Continuation Model' Segera Mengaspal

Kebakaran ini menghancurkan kesembilan unit XKSS yang telah memasuki tahap finishing di kala itu, yang rencananya akan dikirimkan pada sembilan pembeli di Amerika Utara. Karenanya, hanya ada 16 unit Jaguar XKSS yang sempat dibangun, hingga sekarang.

Jaguar XKSS 'Continuation Model' Segera Mengaspal

Sembilan unit yang tertunda tersebut akhirnya dilanjutkan kembali pembangunannya, dan saat ini sedang memasuki tahap finishing dan diharapkan dapat rampung pada awal 2017 mendatang. Kesembilan XKSS ‘versi lanjut’ tersebut akan dikirimkan kepada para pembeli seharga GBP 1 juta atau sekira Rp 16,7 miliar.

Jaguar XKSS 'Continuation Model' Segera Mengaspal

Divisi Classic Jaguar –yang juga bertanggung jawab untuk membangun kembali Lighweight E-Type– menciptakan ‘cetak biru’ untuk XKSS ini dengan menggunakan scan dari mobil aslinya, untuk mendapatkan frame, ban Dunlop hingga segala peralatan dan aksesori interior seperti aslinya, meskipun ada sedikit penyesuaian yang dibuat sehingga para pembeli dapat menggunakan bahan bakar tanpa timbal yang ada saat ini.

Jaguar XKSS 'Continuation Model' Segera Mengaspal

Jaguar XKSS ‘Continuation Model’ dibekali mesin enam silinder segaris berkapasitas 3.4-liter, yang mampu membesut 262 tenaga kuda, dipadukan dengan transmisi manual empat percepatan. Pada versi aslinya, XKSS mampu melesat dari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam tempo 5.5 detik, dengan kecepatan tertinggi 143 mph atau 230 km/jam. **MS/ Foto-foto: Carscoops

TAGS

KOMENTAR (0)